VPS Adalah : Ini Pengertian dan Fungsinya yang harus Kamu Tahu!

Ketika membuat website, memilih hosting yang tepat tentunya merupakan suatu keharusan. Ada banyak jenis pilihan paket hosting salah satunya adalah Virtual Private Server atau VPS.

Apa VPS?

VPS atau singkatan dari Virtual Private Server adalah suatu tipe dari server yang memanfaatkan teknologi visual dalam membagi hardware server fisik ke dalam bentuk beberapa server virtual di infrastruktur yang sama. Ini merupakan suatu bentuk dari perkembangan teknologi, mengapa demikian?

Pada zaman dulu hanya memiliki satu server dalam sistem administrator dengan satu tujuan saja. Sedangkan untuk sistem visualisasi memberikan kemudahan kepadamu untuk melakukan hosting ke beberapa server dalam satu fisik dengan tujuan nya masing-masing.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam proses improvisasi tingkat fleksibilitas yang tersedia pada administrator sistem. Tidak hanya itu saja, ada banyak lagi fungsi dari server ini, apa saja itu?

Fungsi VPS

Setelah mengetahui apa itu VPS selanjutnya akan lebih baik jika kamu juga mengetahui fungsi dari server ini. Berikut fungsinya yang perlu kamu ketahui.

1. Web Hosting

Fungsi pertama VPS adalah sebagai web hosting atau untuk menyimpan data dan file dari website.  Bahkan server ini menyediakan sumber daya yang cukup untuk situs website dengan traffic yang tinggi. 

Tidak hanya itu, server ini juga menawarkan berbagai tools dan framework tambahan yang bisa kamu install seperti flask, Django, dan sebagainya. Tools seperti ini tentunya akan sangat membantu dalam menambahkan fitur dan memaksimalkan website kamu.

Baca Juga:  WordPress Adalah Pilihan Tepat Untuk Membangun Website, Apa Manfaatnya?

Spesialnya lagi, server ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif murah. Bahkan lebih murah daripada cloud hosting atau dedicated server

2. Game Server

Fungsi VPS lainnya adalah sebagai game server. Melalui server ini kamu bisa bebas melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online seperti menginstal game dan mengadakan sesi bermain game. 

Namun dalam menggunakan server ini sebagai game server, kamu harus memperhatikan beberapa aspek teknis. Seperti processor yang harus cepat, penyimpanan yang cukup dan resource yang besar.

3. VPS sebagai Layanan VPN

VPS sebagai layanan VPN adalah salah satu fungsi dari server ini yang cukup menguntungkan. Mengapa demikian?

Melalui jaringan VPN kamu bisa menyembunyikan identitas kamu saat mengakses internet. Bahkan VPN juga dapat kamu gunakan untuk membatasi akses orang-orang dari jaringan tertentu.

Nah server ini bisa menjadi VPN yang akan membantumu melakukan hal-hal tersebut. Sehingga server ini akan sangat cocok untuk perusahaan atau organisasi, terutama untuk kegiatan menyimpan atau bertukar data yang sensitif. 

4. Mengembangkan Aplikasi

Fungsi VPS yang tidak kalah menguntungkan selanjutnya adalah dapat mengembangkan dan menguji aplikasi. Mulai dari aplikasi di website hingga dekstop, menarik bukan?

Tidak hanya itu, dengan menggunakan server ini, kamu bisa menginstal semua tools yang diperlukan untuk aplikasi tersebut. Misalnya kamu ingin membuat aplikasi berbasis windows, kamu bisa menginstal silverlight, framework, dan sebagainya.

Menariknya lagi, server ini dapat membantu kamu melakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut loh. Bahkan hanya berbekal server ini, kamu sudah bisa bebas membuat ruang-ruang khusus di dalamnya. 

5. Backup Data

Terakhir, fungsi dari VPS adalah back up data. Ini tentunya akan sangat membantu di dunia digital saat ini dimana sering terjadi file rusak dan pembobolan. 

Baca Juga:  Sekilas Mengenal Tentang Virtual Private Server

Dengan server ini kamu bisa backup data terakhir server kamu secara up to date. Sehingga masalah kehilangan data dan sejenisnya dapat terminimalisir.

Sudah Tahu Informasi Tentang VPS?

Setelah mengetahui VPS dan fungsinya, kamu tinggal menentukan layanan VPS terbaik. Layanan yang bisa kamu coba yaitu dari Hostnic.co.id yang menyediakan VPS murah dan berkualitas. Yuk, coba sekarang juga!


Di tulis oleh: