Manfaat Melakukan Renewal Web

Ada manfaat utama yang otomatis memperoleh jika rajin melakukan renewal website, lho! Ketiga manfaat mengupdate domain website adalah:

Domain Tidak Mati (Expired)
Selain untuk mempermudah orang lain mengakses website bisnismu, kegunaan penting lainnya dari domain website adalah sebagai branding bisnis yang tengah di jalankan. Domain menjadi pembeda antara website dengan kompetitor, plus mempermudah mengarahkan calon pembeli menemukan website asli bisnismu dibandingkan website-website lain yang sengaja meniru nama websitemu.

Namun, domain website punya umur masing-masing dan aturan yang berbeda kalau ingin memperpanjangnya supaya tidak kadaluarsa. Aturan pembaruan tersebut diatur oleh ICANN, yang mencakup syarat serta prosedur registrasi, masa aktif, perpanjangan dan siklus domain sebagai berikut:

Auto Renewal Period
Pertama adalah masa auto renewal domain. Di sini, domain masih bisa untuk perpanjang masa aktifnya. Auto renewal berlaku selama 35 hari dari tanggal domain kadaluarsa dengan status domain renew period. Disarankan untuk segera melakukan pembaruan selagi domainmu masih dalam masa auto renewal period ini.

Redemption Period
Selanjutnya adalah redemption period yang mana pada masa ini, domain sudah tidak bisa lagi diakses dan sudah terhapus oleh sistem (berstatus pending delete). Jika ingin menyelamatkan dan mengembalikan domain website yang sudah hilang, kalian bisa melakukannya dalam kurun waktu 30 hari setelah domain terhapus (atau setelah masa 35 hari auto renewal berakhir).

Pending Delete
Terakhir adalah periode pending delete yang terjadi 7 hari setelah masa redemption berakhir. Di titik ini, kalian sudah benar-benar tidak punya kesempatan untuk memperpanjang (renew) atau mengembalikan (restore) domain.


Di tulis oleh: