Komunikasi Trunk Untuk Membawa Banyak Sinyal

Trunk adalah komunikasi yang dirancang untuk membawa banyak sinyal secara bersamaan dengan tujuan untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik. Jika mengacu pada istilah komunikasi, trunking atau trunk adalah sebuah konsep di mana sistem komunikasi mampu menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan saling berbagi satu set garis (aturan) atau frekuensi, artinya tidak diberikan secara individual.

Dari dua pengertian di atas, untuk kemudian dihubungkan dengan konsep jaringan komputer, trunk dapat disimpulkan sebagai sebuah konsep pembagian akses antar jaringan. Pembagian akses ini memanfaatkan berbagai perangkat jaringan, yaitu switch dan dengan set peraturan yang telah disepakati dan ditetapkan.

Peraturan ini menetapkan bahwa tidak sembarang komponen dapat melakukan pengaksesan kepada komponen lain dalam jaringan lain. Jika melihat kasus real atau nyata, konsep trunk ini, dalam jaringan komputer dilakukan pada perangkat switch. Switch dipilih karena kemampuannya yang dapat membaca dan menetapkan alamat IP mana saja yang telah diberikan izin untuk mengakses komputer lain dalam jaringan lain.

Contoh penerapan konsep trunk adalah : Apabila sebuah port yang terdapat pada switch di set ke dalam switchport mode access, yang terjadi adalah port itu hanya dapat dilewati oleh satu VLAN, yaity VLAN yang telah di-assign ke port tersebut. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan satu port dengan mode access melakukan assign kepada lebih dari satu VLAN. Lalu apabila jumlah port pada sebuah switch sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan jumlah PC atau Komputer, maka solusinya hanya satu, yaitu menambah switch baru agar jumlah port juga bertambah.


Di tulis oleh: