Fitur Pada Control Panel Hosting

Berikut beberapa fitur control panel hosting yang bisa kalian gunakan.

1. Subdomain.
Control Panel Hosting juga memiliki fitur yang memungkinan penggunanya untuk membuat subdomain. Subdomain adalah bagian dari sebuah domain utama. Sebagai contoh, kalian menggunakan domain website.com, sedang subdomain adalah info.website.com. Dengan fitur ini, kalian dapat membuat subdomain sebanyak mungkin untuk setiap kategori konten website.

2. DNS Management
DNS management adalah fitur control panel hosting yang digunakan untuk mengarahkan domain ke DNS tertentu seperti A record, CNAME, MX dan lain-lain ke layanan / server lain. Dengan fitur ini, kalian akan mendapat kemudahan ketika mengatur dan mengelola DNS record atau catatan DNS domain.

3. Backups
Di dalam control panel hosting, fitur ini berfungsi untuk backups dan restore data. Backup menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan untuk mengamankan data atau pun informasi yang berada di dalam website agar tidak hilang. Backup data dilakukan dilakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website tidak bisa diakses atau hilangnya data.

4. File Manager
Melalui file manager, kalian dapat mengelola sistem file dalam hosting. kalian dapat menyalin, memindahkan, mengganti nama, mengupload file, menghapus file atau pun folder, dan lain-lain. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan windows, kalian tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya karena file manager memiliki kemiripan dengan Windows Eksplorer pada sistem operasi Windows.

5. Database Management
Semakin besar situs website, maka akan semakin banyak pengguna dan semakin banyak pula konten di dalamnya, dan membutuhkan database mangement untuk mengelolanya. Saat ini, banyak layanan hosting yang menyediakan MySQL sebagai DBMS (Database Management System) yang digunakan. Dengan fitur MySQL database ini, kalian dapat membuat database, user, serta mengatur hak akses.


Di tulis oleh: