Faktor Yang Mempengaruhi Google Ranking

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

  1. Keamanan situs web atau domain
    Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat diprioritaskan oleh Google. Untuk mengamankan domain website, Anda perlu mengaktifkan SSL. Perhatikan apakah website Anda sudah menggunakan HTTPS atau belum. Dengan menggunakan HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure, komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi sehingga data yang dikirim akan lebih aman.
  2. Cakupan topik dalam website
    Semakin banyak konten yang Anda publish untuk topik tertentu, maka semakin tinggi topik tersebut akan diperingkat dalam SERP oleh Google. Sebagai contoh, Anda memiliki 30 artikel yang mengulas berbagai masakan Indonesia, maka Google akan menilai bahwa website Anda memiliki otoritas pada bidang industri makanan nusantara. Selain itu, website yang memiliki penjelasan mendalam mengenai suatu topik akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapat peringkat yang baik.
  3. Meta Tags
    Meta tags akan membantu Google dalam mengidentifikasi dan memahami konten website Anda. Terdapat beberapa jenis meta tags yang harus Anda isi, yaitu :
  • Title Tag:
    Merupakan elemen HTML untuk menunjukkan halaman artikel atau website. Title tag akan muncul sebagai judul berwarna biru yang dapat diklik oleh user di SERP.
  • Image Alt Text:
    Image alt text membantu Google untuk memahami gambar apa yang sedang Anda gunakan.
  • Meta Description:
    Merupakan string teks singkat yang muncul di bawah title tag. Meta description yang ditulis dengan baik dapat menarik lebih banyak user untuk mengunjungi website Anda.

Di tulis oleh: