Apa Perbedaan Antara BaaS dan Komputasi Tanpa Server?

Ada beberapa tumpang tindih antara BaaS dan komputasi tanpa server, karena di kedua pengembang hanya perlu menulis kode aplikasi mereka dan tidak memikirkan backend.

Selain itu, banyak penyedia IoT Backend juga menawarkan layanan komputasi tanpa server. Namun, terdapat perbedaan operasional yang signifikan antara aplikasi yang dibangun menggunakan BaaS dan arsitektur tanpa server yang sebenarnya.

Bagaimana aplikasi dibangun
Backend aplikasi tanpa server dipecah menjadi beberapa fungsi yang masing-masing merespons kejadian dan melakukan satu tindakan saja. Fungsi sisi server BaaS, sementara itu, dibangun sesuai keinginan penyedia dan pengembang tidak perlu menyibukkan diri dengan pengkodean apa pun selain frontend aplikasi.

Saat kode dijalankan
Arsitektur tanpa server didorong oleh peristiwa, artinya arsitektur tersebut berjalan sebagai respons terhadap peristiwa. Setiap fungsi hanya berjalan jika dipicu oleh peristiwa tertentu, dan tidak berjalan sebaliknya.

Aplikasi yang dibangun dengan BaaS biasanya tidak digerakkan oleh peristiwa, yang berarti bahwa mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya server.

Dimana kode dijalankan
Fungsi tanpa server dapat dijalankan dari mana saja di mesin apa pun selama mereka masih berkomunikasi dengan aplikasi lainnya yang memungkinkan untuk memasukkan komputasi tepi ke dalam arsitektur aplikasi dengan menjalankan kode di tepi jaringan .

BaaS tidak perlu diatur untuk menjalankan kode dari mana saja, kapan saja (meskipun bisa, tergantung pada penyedia).

Bagaimana skala aplikasi
Skalabilitas adalah salah satu pembeda terbesar yang memisahkan arsitektur tanpa server dari jenis arsitektur lainnya. Dalam komputasi tanpa server, aplikasi secara otomatis menskalakan seiring dengan peningkatan penggunaan.

Infrastruktur vendor cloud memulai contoh singkat dari setiap fungsi sesuai kebutuhan. Aplikasi BaaS tidak diatur dengan cara ini kecuali jika penyedia BaaS juga menawarkan komputasi tanpa server dan pengembang membangunnya ke dalam aplikasi mereka.


Di tulis oleh: