Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting? Begini Penjelasannya!

Cukup menarik jika kalian bertanya “Siapa sih yang membutuhkan web hosting?”, karena jawabannya siapapun mereka baik perorangan ataupun bukan yang ingin membuat website pasti membutuhkan yang namanya web hosting.

Ibarat kata hosting adalah wadah untuk meletakan file-file yang ingin ditampilkan, baik teks (artikel, blog), video, bahkan audio. Tanpa adanya bagian ini, maka bisa dikatakan mustahil situs Anda bisa diakses secara online.

Masih bertanya-tanya? Silahkan simak penjelasan berikut ya!

Siapa Saja yang Pihak Butuh Hosting?

Beberapa orang dan kelompok yang yang memerlukan web hosting adalah:

  1. Sekolah /Lembaga pendidikan
  2. Perusahaan/corporate
  3. Freelancer
  4. Konten Kreator, Influencer
  5. Organisasi non-profit
  6. Web Developer
  7. Rumah Sakit
  8. Blogger

Kenapa mereka memerlukan hosting? Berikut penjelasan lebih lengkapnya supaya lebih paham.

1. Sekolah/Lembaga Pendidikan

Sebenarnya bagian ini bisa dikategorikan menjadi satu, yakni lembaga pendidikan baik formal ataupun non-formal. Website sekolah umumnya diisi dengan berbagai kegiatan siswa, program belajar, informasi database tenaga pendidik, pengumuman berita terbaru dan lain sebagainya.

Hosting Sekolah Terbaik Domain sch.id atau ac.id

Dalam hal ini hosting sekolah mempunyai peran yang penting untuk menampung semua data tersebut. Perlu diketahui jenis website sekolah itu bermacam-macam, ada yang dibuat sederhana kapasitas penyimpanan 2 -5 GB juga sudah cukup.

Namun, untuk situs perkuliahan dan universitas harus lebih tinggi lagi spesifikasi hostingnya. Beberapa kampus bahkan tidak ragu untuk menggunakan hosting kapasitas tinggi 10 GB ke atas bahkan VPS untuk menunjang performa situs karena banyaknya fitur yang akan disematkan.

2. Perusahaan/Pemilik Usaha

Tidak perlu dipertanyakan, di era yang serba online seperti sekarang ini perusahaan kecil ataupun besar pasti membutuhkan yang namanya website.

Fungsinya untuk meletakan portofolio, informasi perusahaan (about us), dan layanan apa saja yang mereka sediakan. Dengan demikian, lebih banyak calon klien yang bisa menjangkau dan memakai layanan dari badan usaha tersebut.

 

Tidak hanya itu, mereka juga melengkapi website dengan fitur-fitur yang bisa memudahkan calon pelanggan seperti penambahan katalog produk, form email yang rapi, dan lain sebagainya.

Secara umum hampir semua perusahaan membutuhkan web hosting baik itu bidang pariwisata, akomodasi seperti hotel dan penginapan, digital marketing, kontraktor, dan lain sebagainya. Pemilik usaha perorangan juga sama-sama memerlukan web hosting untuk kemajuan bisnis mereka.

3. Freelancer

Para pekerja lepas juga nyatanya membutuhkan web hosting sebagai tempat untuk menaruh portofolio produk atau keahlian yang dapat mereka lakukan.

Menggunakan hosting berbayar membuktikan adanya profesionalitas dan keseriusan freelancer dalam menerima project-project dari pelanggan dalam dan luar negeri.

4. Konten Kreator dan Influencer

Ada yang ingin menjadi konten kreator lalu viral? Jika ada, maka langkah utama yang harus disiapkan adalah mempunyai situs website sendiri lengkap dengan nama pribadi sebagai personal branding.

Di dalam situs tersebut nantinya bisa diisi konten-konten yang pernah dibuat. Dengan demikian, karya-karya hebat dan portofolio bisa terkumpul dengan rapi di satu tempat.

konten kreator butuh hosting

Memilih website dengan CMS dasar WordPress bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Terlebih lagi untuk hosting plesk yang dirancang khusus untuk membuat situs dengan CMS tersebut.

Pengelolaan situs menjadi lebih mudah, semua fitur yang Anda butuhkan sudah ada dan lengkap.

5. Organisasi Non-Profit

Tidak melulu soal bisnis, hosting juga dibutuhkan oleh organisasi non profit. Informasi dalam situs web memuat berita mengenai program apa saja yang sudah dijalankan lengkap dengan video dan gambar.

Organisasi ini lingkupnya luas bisa berupa yayasan, asosiasi yang berkaitan dengan lingkungan, agama, atau hal lainnya.

6. Web Developer

Web developer sudah pasti membutuhkan hosting baik untuk meningkatkan skill dengan mendalami coding website atau penggunaan software builder.

Selain itu, mereka juga menggunakan situs sebagai tempat meletakan portofolio situs terbaik yang sudah pernah dibuat. Spesifikasi developer hosting bisa berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan dan tingkatan skill dari webdev itu sendiri.

7. Rumah Sakit dan Klinik

Tidak hanya lembaga pendidikan yang mengalami transformasi penyampaian informasi bagi masyarakat, lembaga kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas juga membutuhkan website.

Secara umum fungsinya untuk memberitahu kepada masyarakat mengenai informasi penting terkait fasilitas, layanan yang disediakan, dan lain sebagainya.

Untuk rumah sakit besar biasanya sudah tersedia juga aplikasi khusus untuk pengambilan nomor pasien. Ini bisa menjadi solusi supaya antrean tidak terlalu panjang.

8. Blogger

Untuk yang hobi nulis, kalian bisa memasukan tulisan tersebut dan mengunggahnya di website. Tentunya web hosting lagi-lagi dibutuhkan untuk melakukan hal ini.

Kapasitas yang dibutuhkan tidak perlu terlalu banyak, untuk blogger pemula 2 GB sudah lebih dari cukup. Apabila traffic mulai naik, nantinya bisa upgrade ke kapasitas hosting yang lebih tinggi secara bertahap menyesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian penjelasan mengenai siapa saja yang membutuhkan web hosting, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Sebenarnya masih banyak lagi lembaga dan pihak lainnya yang belum disebutkan contohnya seperti lembaga pemerintahan yang umumnya menggunakan domain (go.id).

Apakah kalian termasuk salah satu dari orang yang membutuhkan web hosting murah? Langsung pesan paket hosting murah di Hostnic.id, jangan lupa cek promo terbaru kami untuk mendapatkan harga spesial.


Di tulis oleh: