Asyik Lho Cara Remote Worker, Yuk Simak

Ternyata mengasyikan juga bekerja diluar kantor. Yuk baca artikel Hostnic ini.

Ternyata Remote Working alias dari luar perusahaan alias kantor kaarnya sangat menyenangkan. Bear tidak ya? Dikutip dari Inch.com, Jason Aten, seorang ahli bisnis, yang dicukil Hostnic dari Inch.com tertulis bekerja remote merupakan pekerjaan dari jarak jauh. Remote Working membutuhkan serangkaian keterampilan dan sumber daya yang berbeda dengan pekerja biasa. Lalu, dibutuhkan self-starting attitude dan manajemen waktu yang sangat ketat. Komunikasi proactive dan fokus terhadap kerja bersama juga sangat dibutuhkan, karena Anda tidak punya waktu untuk tatap muka dengan mereka (tim pekerja seprofesi).

Dalam hal ini Jason Aten menuturkan, dalam pekerjaan remote  nda bisa membentuk lingkungan kerja sendiri. Dan yang mengasyikan Anda dapat memilih tempat kerja sesukamu yang bisa membuat energi kerja menjadi sangat baik. “Intinya, kerja remote sangat cocok untuk Anda yang suka kebebasan saat bekerja. Remote Worker akan menjadi sebuah jalan karir yang luar biasa untuk dijalankan,” katanya. Itulah dari segi positifnya, namun apakah ada sisi negatifnya? Berdasarkan yang dirangkum dari berbagai sumber sisi kelemahan sistim Remote Worker ini adalah minimnya sosialiasi yang terjadi diantara para karyawan. Dengan intensitas komunikasi yang rendah, hal ini dapat berdampak pada kerjasama dan manajemen kerja suatu tim.

Selain itu, bekerja secara remote dapat memicu penurunan produktivitas kerja dari seorang remote worker. Tentunya masalah ini tak dapat dianggap sepele sebab hal itu akan berdampak pada pencapaian target perusahaan. Tidak tercapainya target perusahaan akan membuat Anda mengalami kerugian secara tidak langsung. Lalu, bagaiamaakah tips Remote Worker? Hostnic mempersembahkan beberapa langkah berikut ini

1. Siapkan tempat kerja yang nyaman
Tempat kerja adalah hal yang tak boleh Anda remehkan ketika memutuskan bekerja secara remote. Percayalah, di mana Anda bekerja betul-betul punya pengaruh besar ke produktivitas dan
efektivitas kerja Anda.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Favicon dengan Zyro Website Builder

2. Siapkan software penting
Setelah punya tempat kerja yang nyaman, jangan lupa untuk siapkan alat dan software penting untuk bekerja. Berikut adalah software yang akan membantu Anda menjawab tantangan kerja
remote.

3. Buat alur kerja yang jelas
Sehabis menyiapkan semua software yang dibutuhkan, Anda tetap perlu mendesain alur kerja. Ingat! Software itu cuma alat. Bagaimana cara Anda menggunakan software itulah yang penting.
Makanya, alur kerja yang jelas itu wajib dibuat.

4. Buat jadwal rutin untuk laporan
Di titik ini, Anda seharusnya sudah bisa bekerja dengan lancar. Cuma kalau Anda bekerja dalam tim, ada beberapa hal yang perlu diterapkan. Salah satunya menyediakan satu waktu khusus
untuk laporan secara rutin. Lewat laporan rutin, masing-masing anggota tim bisa saling berdiskusi. Selain menjadikan hubungan antarpegawai lebih dekat, laporan macam ini bisa jadi ajang untuk mengurai masalah dan memperbaiki alur kerja.

5. Jadwalkan online meeting secara berkala
Ketika Anda bekerja secara remote dengan tim, output bukan satu-satunya hal yang dikejar. Bagaimanapun juga, rasa memiliki dan kerja sama tim juga diperlukan. Karenanya, harus ada waktu khusus untuk online meeting secara berkala.

6. Sering-sering respons via chat
Ketika Remote Worker, cuma Anda yang tahu kalau Anda sedang bekerja. Teman-teman di kantor tak tahu. Mereka tak bisa melihat, melongok meja kerja, ataupun berbasa-basi sambil membuat segelas kopi. Karenanya, Anda perlu beri tahu kalau Anda sedang bekerja. Dengan begitu, rekan kerja paham kapan harus menghubungi Anda. Mereka juga tak merasa segan semisal ingin  meminta waktu untuk berdiskusi. Di sisi lain, hal ini juga membantu Anda agar nampak berkomitmen dan bertanggung jawab pada tugas meski bekerja secara remote. Sudah siapkah Anda bekerja secara Remote? (Dari berbagai sumber)


Di tulis oleh: