3+ Plugin Whatsapp Terbaik Untuk Website WordPress

Jika Anda menggunakan website untuk jualan produk atau jasa  pastinya ingin memastikan pelanggan bisa menghubungi Anda dengan mudah dan cepat. Namun seringkali ada persoalan teknis yang dilupakan, bagaimana bisa mereka menghubungi Anda jika harus ribet salin nomor whatsapp, save nomornya dulu baru dapat berkonsultasi dengan Anda.

Oleh karena itu, pada CMS WordPress ada istilah plugin Whatsapp. Nanti akan kami jelaskan apa itu plugin WA dan rekomendasi terbaik yang bisa Anda install hari ini.

Jika ingin konversi naik, sebaiknya jangan skip artikel ini langsung meluncur ke penjelasan utama.

Apa Itu Plugin Whatsapp?

Plugin Whatsapp adalah kode software yang dibuat untuk mempermudah pengunjung situs ketika ingin menghubungi Anda. Biasanya diletakan pada pojok kiri bawah atau kanan bawah dari website.

Tampilannya bermacam-macam, ada yang sekali klik langsung direct mengarahkan ke kontak pemilik situs atau di klik sekali nanti muncul beberapa pilihan admin (jika dalam situs tersebut mempunyai jumlah admin yang lebih dari satu).

Nah, plugin Whatsapp ini ada yang berbayar dan gratis. Kelebihan yang mencolok adalah fiturnya, pada plugin gratis hanya bisa menggunakan satu nomor WA saja, sedangkan plugin premium Anda bisa menambahkan beberapa nomor.

3+ Rekomendasi Plugin Whatsapp Terbaik Gratis dan Berbayar

Jangan asal pasang plugin di situs WordPress Anda, berikut kami punya beberapa rekomendasi pilihan yang bagus dan dilihat dari kredibilitasnya juga aman resmi dan tidak bervirus. Ada yang gratis bisa langsung pasang tanpa harus bayar, kalau mau yang fitur lengkap tentunya harus modal dikit sebagai apresiasi juga kepada developer pembuatnya.

Baca Juga:  Hosting Cpanel Murah Fitur Paling Lengkap

1. Click To Chat (Gratis dan Berbayar)

Click to chat adalah plugin whatsapp terbaik yang dibuat oleh HoliThemes.com ada situs resminya bisa kalian kunjungi langsung kalau masih ragu. Plugin ini mendapatkan update yang cukup sering untuk memastikan sistem didalamnya berfungsi dengan baik. Versi terbaru saat ini adalah 3.16. Jika melihat datadi wordpress.org plugin setidaknya tool ini telah diinstal oleh 400.000+ situs. Mendukung 8 bahasa berbeda.

Adapun syarat untuk menginstall plugin CTC yaitu:

  • Versi wordpress minimal 4.6 atau lebih tinggi
  • Versi PHP setidaknya sudah 5.6 atau di atasnya

Plugin ini menyediakan dua opsi yakni gratisan dan berbayar, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan ya. Dilihat dari tampilan tombol chatnya juga cukup mobile friendly.

2. WP Social Chat (Gratis dan Berbayar)

Plugin Whatsapp yang satu ini dirancang oleh QuadLayers.com, situs yang cukup kredibel tidak hanya membuat plugin WA melainkan mereka juga membuat software Woocommerce direct checkout, instagram feed, wordpress mega menu, dan sebagainya. Kembali pada pembahasan utama WP Social Chat telah diinstall oleh 100.000+ pengguna Wordpess. Syarat minimal instalasi plugin sama dengan tool sebelumnya dari wordpress version dan PHP versi sama. Plugin ini mendukung hingga 16 bahasa berbeda.

WP Social Chat menyediakan fitur yang cukup baik, Anda bisa menyembunyikan tampilan button sehingga visitor tidak akan terganggu saat sedang membacaa artikel di situs Anda.

3. Whatsapp Me (Gratis Selamanya)

Mau ambil yang gratisan saja? Whatsapp Me bisa menjadi alternatif yang cukup bagus. Plugin ini dibuat oleh developer dengan username pacotole dan creapuntome. Melihat informasi di pluginarchive.com, setidaknya sudah ada 87rb + unduhan dan instalasi dari berbagai pengguna di dunia, versi terbarunya adalah 4.5.11. Uniknya meskipun tergolong tool gratis, developer cukup rajin mengupdate software yang mereka buat. Minimal ada pembaruan versi 1 bulan sekali.

Baca Juga:  7 Istilah Umum Tentang Blacklink

Plugin ini mempunyai tampilan yang cukup minimalis, Anda bisa dengan mudah custom tulisan CTA sesuai dengan kebutuhan bisa pakai bahasa indonesia juga sehingga lebih mudah dimengerti oleh para pelanggan Anda.

Fitur lainnya dari Whatsapp Me adalah chat delay yang memungkinkan untuk mengatur waktu munculnya tombol chat pada layar ponsel dan PC dari visitor. Sebagai contoh, setelah mereka beberap menit scroll halaman produk, baru tombol chat dimunculkan jadi tidak mengganggu pengalaman pelanggan saat mengunjungi situs.

4. WordPress Whatsapp Support(Berbayar)

Pilihan plugin Whatsapp terakhir berbayar, tapi menawarkan segudang fitur canggih yang Anda butuhkan. Dibuat oleh wecreativez menjadi kontributor di envantomarket mulai dari 2016.

Jadi melihat kredibilitas developernya sudah cukup meyakinkan. Tampilan yang simpel tapi fiturnya powerful. Berfungsi dengan baik pada ponsel dan dekstop. Berikut ini beberapa feature yang ditawarkan oleh plugin WordPress Whatsapp Support:

  • Dukungan multi pengguna
  • Dukungan perorangan
  • Undangan kelompok
  • Responsif sepenuhnya
  • Sepenuhnya dapat disesuaikan
  • Jadwal berdasarkan hari
  • Permintaan produk woocommerce
  • Gdpr ready
  • Popup otomatis dengan suara
  • Generator kode pendek tombol dukungan langsung
  • Aktifkan/nonaktifkan di perangkat seluler
  • Aktifkan/nonaktifkan di desktop dan laptop
  • Filter berdasarkan halaman, siput
  • Tombol kontak atau dukungan tidak terbatas (shortcode)
  • Ubah lokasi popup di perangkat seluler maupun desktop
  • Pesan selamat datang khusus
  • Klik untuk menelepon untuk 8 layout
  • Dan banyak lagi

Oke itu dia beberapa rekomendasi plugin Whatsapp terbaik yang bisa kalian coba hari ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, berbicara mengenai situs WordPress mungkin Anda juga tertarik untuk membaca penawaran kami tentang plesk hosting indonesia  yang sudah dilengkapi dengan WP Toolkit untuk menunjang produktivitas.


Di tulis oleh: