Istilah Istilah dalam Dunia Website yang Perlu Diketahui

Istilah dalam Dunia Website – Terkadang istilah dalam dunia website masih banyak yang belum kita kenal, apalagi bagi yang baru mengetahui tentang website, baik itu untuk bisnis ataupun sekedar hobi. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang istilah-istilah website yang perlu dipahami, yuk simak informasinya.

Pengertian Website

Website adalah halaman web yang saling berhubungan dan umumnya berada di server yang sama, dan situs web itu sendiri berisi sekumpulan informasi yang disediakan oleh individu, kelompok, atau organisasi. Website biasanya ditempatkan pada server yang dapat diakses melalui internet, atau LAN melalui alamat internet yang dikenal sebagai URL.

Arti dari Web Browser

Web browser adalah program dengan fungsi utama menerima dan mengirimkan informasi di Internet, informasi tersebut dapat berupa teks, gambar dan video.

Selain itu, web browser juga dapat mengirim dan menerima pesan email, serta mengolah bahasa html pada halaman web menjadi output informatif.

Browser yang sering kita gunakan sehari hari seperti :

Google Chrome

Opera Mini

Internet Explorer

Mozilla Firefox

Safari 

dan lain lain.

Berikut merupakan istilah istilah dalam dunia website :

Domain

Dapat dikatakan domain ialah alamat dari rumah. Website tanpa domain tidak dapat dikatakan sebagai website karena belum mempunyai nama. Umumnya domain yang merupakan identifikasi nama website itu terbagi dalam 3-4 elemen.

istilah dalam dunia website

URL (Uniform Resource Locator)

URL atau yang lebih diketahui dengan link terkait dengan unggah atau unduh. URL sendiri ialah serangkaian dari karakter yang memperlihatkan alamat dari dokumen yang berada di web atau letak penyimpanan satu folder atau file yang berada di dalam computer. Nama dari URL sendiri bisa ditata sesuai kemauan Anda untuk mempermudah seorang dalam mengingat atau mengunjungi web yang Anda punya.

Hosting

Bila domain merupakan alamat tempat tinggalnya, maka hosting ialah tempat untuk membuat rumah itu. Umumnya pihak yang menyediakan hosting menyiapkan domain yang bisa Anda gunakan dengan menyewanya sepanjang satu tahun. Namun ada juga penyuplai hosting yang cuman sediakan hosting. Harga untuk per hostingnya berlainan keduanya bergantung dari tujuan pemakaiannya.

CSS (cascading style sheet)

Bahasa pemrograman CSS umumnya dipakai untuk mengontrol penampilan atau lay-out atau dapat dikatakan untuk membuat ‘baju’ supaya web itu mempunyai penampilan yang makin menarik. Bila website mempunyai penampilan yang memikat, maka banyak pemakai internet yang bakal tertarik dan berlama-lama di website yang Anda miliki itu.

User Interface (UI)

UI mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan CSS. Secara keseluruhan UI ini sebagai penampilan total dari web yang bakal terkait dengan CSS dan keringanan pengunjung untuk menjalankan web itu. UI akan memengaruhi seorang untuk tertarik berkunjung dan berlama-lama berada di web yang Anda punya.

Userface atau user interface akan memengaruhi kenaikan traffic pengunjung pada web Anda. Bila UI itu kurang menarik atau malah terlampau ramai hingga memperumit saat pengoperasian web maka membuat pengguna internet malas untuk memakai website Anda.

CPanel

Control panel atau yang lebih dikenal bernama CPanel sebagai gerbang untuk masuk ke data hosting dari web yang Anda punya. Dalam Cpanel ini, Anda semakin lebih gampang untuk atur dan mengatur sarana yang ada di web yang Anda punyai.

Server

Kurang komplet bila bicara mengenai web desain tidak mengulas mengenai server. Server akan punya pengaruh untuk website khususnya untuk tipe web perusahaan atau komunitas. Server sebagai sistem computer yang menyediakan service dalam jaringan computer. Dalam website, server dipakai untuk simpan data. Itulah beberapa istilah dalam dunia website yang perlu diketahui.

Baca Juga:  Manfaat Google Bisnisku

Di tulis oleh: