FTP Adalah: Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenisnya

FTP atau File Transfer Protocol mungkin terdengar asing terutama bagi Anda yang baru memiliki sebuah website. FTP adalah jenis layanan yang ternyata selama ini sudah sering Anda gunakan. 

Untuk lebih mengenal tentang FTP ini mulai dari pengertiannya, sejarah dan juga jenis-jenis FTP, mari kita bahas lebih lanjut mengenai FTP.

Apa Itu FTP?

File Transfer Protocol atau FTP adalah sebuah layanan internet yang digunakan untuk melakukan mengupload atau mengunggah dan mendownload atau mengunduh sebuah file. 

Dengan adanya File Transfer Protocol tersebut dianggap lebih efisien untuk melakukan pertukaran data jika membandingkannya dengan kabel atau fisik lainnya.

Sejarah 

File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol internet tertua di dunia, dimana pertama kali dikembangkan pada tahun 1970 oleh Abhay Bhushan ketika dia masih bekerja pada proyek ARPAnet dan masih bertahan sampai sekarang.

Jenis 

Setelah mengetahui apa itu File Transfer Protocol dan juga sejarahnya, hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui tentang File Transfer Protocol adalah jenis-jenis File Transfer Protocol. 

Terdapat dua jenis File Transfer Protocol, yaitu File Transfer Protocol server dan juga File Transfer Protocol client. Untuk lebih mengenal tentang kedua jenis File Transfer Protocol tersebut, mari kita bahas lebih lanjut lagi.

1. FTP Server

File Transfer Protocol server adalah perangkat yang memiliki tugas untuk memindahkan sebuah file dari satu tempat ke tempat lainnya. P

ada dasarnya File Transfer Protocol server ini adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk mengambil dan menempatkan sebuah file.

Ketika Anda mengunduh suatu file, maka File Transfer Protocol server akan menjalankan perintah untuk mengambil file tersebut dan memberikannya kepada Anda. 

Sementara ketika Anda melakukan upload file, maka File Transfer Protocol server ini akan menjalankan perintah menempatkan file Anda pada sebuah server. File Transfer Protocol server ini mempunyai tugas sebagai perantara antara Anda dan server utama. 

2. FTP Client

Jenis yang berikutnya adalah File Transfer Protocol client. File Transfer Protocol client adalah perangkat yang Anda gunakan untuk mengirim file. 

Hingga sekarang terdapat beberapa jenis File Transfer Protocol client yang sering banyak orang gunakan. Beberapa File Transfer Protocol yang ada saat ini adalah seperti FIleZilla, WINSCP, dan GFTP.

1. FileZilla

FileZilla merupakan salah satu File Transfer Protocol client yang cukup populer dan sering orang gunakan. File Transfer Protocol client yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan sudah bisa digunakan di sistem operasi yang sudah terkenal yaitu Linux dan Windows.

Kelebihan File Transfer Protocol client FileZilla ini adalah Anda dapat melakukan transisi simultan pada sebuah file. Sementara kekurangan FileZilla adalah dari sisi waktu untuk upload sebuah file. 

Semakin besar ukuran file yang Anda upload, maka akan semakin membutuhkan waktu.

2. WINSCP

Berbeda dengan File Transfer Protocol client sebelumnya, File Transfer Protocol client berikutnya adalah WINSCP yang hanya dapat digunakan di sistem operasi Windows saja. 

Meskipun hanya dapat digunakan di Windows saja, WINSCP cukup tentunya cukup terkenal di kalangan pengguna Windows.

WINSCP juga tentunya memiliki kelebihan. Kelebihan dari WINSCP antara lain adalah sudah mendapat dukungan SSH Password, public key, keyboard interaktif dan otentikasi Kerberos.

3. GFTP

File Transfer Protocol client berikutnya adalah GFTP yang tentunya berbeda dengan FileZilla dan WINSCP. GFTP adalah File Transfer Protocol client yang hanya dapat Anda gunakan di sistem operasi Linux saja dan hanya dapat menggunakan jaringan koneksi FTP lokal saja. 

Namun tentunya GFTP juga memiliki kelebihan. Beberapa kelebihan File Transfer Protocol Client GFTP adalah seperti dapat dikembangkan oleh siapa saja, dan bahkan selain FTP, GFTP ini juga mendukung protokol lainnya seperti HTTP, HTTPS, SSH, FTPS dan FSP.

Sudah Mengenal Apa Itu FTP?

itulah beberapa informasi mengenai File Transfer Protocol, mulai dari pengertian, sejarahnya sampai dengan jenis-jenis FTP. 

Selain ketiga jenis FTP client yang ada di atas, saat ini sudah banyak juga beberapa jenis lainnya yang cukup populer dan sering orang-orang gunakan untuk berbagai file. Kira-kira, mana FTP yang Anda gunakan? 


Di tulis oleh: