Apa Itu Google Quality Score?

Sebenarnya banyak komponen yang masuk dalam algoritma Google untuk menentukan kualitas iklan seseorang. Namun, CTR adalah faktor yang paling mempengaruhi Quality Score. CTR adalah rasio perbandingan antara orang yang melihat iklan (impresi) dan orang yang mengklik iklan  (konversi). Sebagai contoh, jika ada 100 orang yang melihat iklan dan 5 orang yang mengklik iklan tersebut, maka CTR iklan kalian akan berada pada posisi 5%. Untuk hasil lebih CTR lebih maksimal, kalian dapat juga mengikuti cara berikut ini.

Relevansi iklan dengan keyword kalian menjadi kunci keberhasilan dalam CTR, karena iklan dan keyword kalian memiliki CTR yang berbeda. Kemudian, bagaimana menghasilkan CTR yang baik? Sayangnya tidak ada definisi yang pasti mengenai rasio CTR yang baik, karena setiap bisnis ke bisnis memiliki rasio CTR berbeda-beda. Namun dilansir dari Google rata-rata rasio CTR dari semua bisnis yang memiliki Google Ads adalah 1,91%. Sehingga, Pada prinsipnya, semakin relevan keyword dengan kampanye iklan, maka akan semakin baik rasio CTR. Karena semakin banyak orang mengklik iklan Anda menjadi sebuah indikasi bahwa iklan Anda relevan dengan kebutuhan mereka.

Memiliki rasio CTR yang tinggi memberikan keuntungan tersendiri, karena semakin baik rasio CTR maka semakin murah budget kampanye Iklan. Google sendiri memberikan diskon dari 50% sampai 16% pada iklan dengan rating Quality Score tinggi.


Di tulis oleh: