Off Page SEO: Pengertian dan Cara Efektif untuk Melakukannya

Bagi Anda yang ingin menjalankan strategi SEO untuk website bisnis Anda, maka selain menjalankan On Page SEO, ada salah satu strategi yang perlu Anda lakukan. Strategi tersebut adalah Off Page SEO. Tertarik menjalankannya? Simak dahulu informasi selengkapnya di sini.

Apa Itu Off Page SEO?

Secara umum, strategi ini adalah sebuah langkah optimasi SEO yang Anda lakukan dari luar website Anda. Berbeda dengan strategi On Page SEO yang berfokus bagaimana memperbaiki website bisnis Anda dari dalam. 

Sementara strategi Off Page SEO berfokus bagaimana meningkatkan kualitas dan kredibilitas website bisnis Anda dari luar website bisnis Anda.

Cara Optimasi Off Page SEO

Untuk menjalankan strategi optimasi Off Page SEO yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kredibilitas website bisnis Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara melakukannya.

1. Link Building

Cara melakukan optimasi Off Page SEO yang pertama adalah membangun link building. Link building adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan link dari website lain yang kemudian mengarah ke website bisnis Anda. Link building ini sering juga dikenal dengan backlink.

Backlink merupakan hal yang penting dari strategi ini. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan backlink yang berkualitas sangat baik dalam jumlah sedikit dibandingkan backlink dengan kualitas kurang baik dalam jumlah banyak. 

Hal tersebut karena jika terlalu banyak backlink tidak berkualitas ke website Anda, maka website Anda akan dianggap spam oleh Google.

Baca Juga:  Cara Daftar Google My Businessmu

2. Meningkatkan E.A.T

Cara selanjutnya adalah meningkatkan E.A.T. E.A.T adalah kepanjangan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness.  

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness atau E.A.T sendiri menjadi salah satu indikator yang bisa menunjukan tentang kualitas dan meningkatkan kepercayaan terhadap website Anda. 

E.A.T juga merupakan salah satu indikator yang bisa menentukan posisi website dalam sebuah hasil pencarian Google.

Selain itu untuk menunjukan kualitas dan meningkatkan kepercayaan, E.A.T sendiri juga bisa memberikan website kamu review yang positif. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki website kesehatan, maka jika Anda mempunyai sebuah konten yang telah diverifikasi oleh seorang dokter, maka halaman konten tersebut tentu akan memiliki performa yang lebih baik.

3. Local SEO

Local SEO adalah satu cara agar Google bisa memberikan hasil pencarian yang relevan berdasarkan lokasi Anda. Dengan memanfaatkan local SEO, maka akan lebih mudah bagi website bisnis Anda untuk menjangkau pasar berdasarkan lokasi terdekat.

Untuk mulai memanfaatkan local SEO caranya sangat mudah. Anda dapat langsung mengunjungi halaman Google Bisnisku. Setelah masuk ke dalamnya, Anda bisa memulai untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google. 

Setelah mendaftarkan bisnis Anda, maka Anda hanya tinggal menunggu konfirmasi dari Google dan setelahnya Anda bisa mulai memanfaatkan local SEO.

4. Memanfaatkan Media Lainnya

Cara optimasi Off Page SEO yang terakhir adalah memanfaatkan media lainnya. Beberapa contoh media lainnya adalah seperti sosial media dan juga forum online. Untuk sosial media, Anda dapat memanfaatkan sosial media yang kemudian dijadikan link yang akan mengarah ke halaman website Anda yang sesuai.

Sementar untuk forum online adalah media yang paling sering dijadikan sebagai backlink yang mengarah ke sebuah website. Anda dapat memanfaatkan forum-forum yang terpercaya untuk mempromosikan website Anda.

Baca Juga:  Apa itu PBN (Private Blog Network)

Itulah beberapa informasi tentang strategi Off Page SEO yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pengertian dan juga cara melakukannya. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, maka kepercayaan dan kualitas website Anda akan semakin meningkat. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: