Mengenal Ekstensi Domain Beserta fungsinya

Ekstensi Domain – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu domain dan juga penjelasan fungsinya. Nah, sekarang kita akan membahas tentang Ekstensi Domain. Bagi yang belum tahu apa itu ekstensi domain, mari simak penjelasan berikut ini.

Ekstensi Domain ini merupakan akhiran pada nama domain. Ekstensi domain ini selalu didahului dengan tanda titik (.)atau dibaca (dot) misal contohnya seperti .com, .net, .co dan lainnya.

Jenis ekstensi ada banyak sekali di dunia ini. Mungkin sebagian sudah sering kita jumpai dan sebagian lagi masih asing karena tidak terlalu banyak yang memakai. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Top Level Domain (TLD)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan domain .com, .net, .org atau .Info. TLD ini adalah jenis domain yang paling sering digunakan oleh banyak orang secara publik, bisa di  gunakan perorangan maupun untuk perusahaan.

  •  “.com”

Anda pasti sudah familier dengan jenis domain ini. Karena memang, .com merupakan domain yang terbanyak dan merupakan domain yang paling terkenal di dunia. domain ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan situs perorangan, komersil atau perusahaan.

  • “.net”

Kedua adalah model domain TLD.net yang berasal dari singkatan network. Model domain ini dijelaskan hanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan Instansi yang bergerak dalam sektor teknologi jaringan atau seperti perusahaan infrastruktur.

  •  “.org”

TLD model.org dimanfaatkan untuk organisasi nonprofit. Pada saat ini domain.org sering dimanfaatkan oleh organisasi seperti nirlaba, sekolah, populasi dan usaha nirlaba. Salah satu situs populer yang menggukan domain.org adalah Wikipedia.org

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Berikutnya kita akan membahas tentang Country Code Top Level Domain atau ccTLD. Sesuai dengan nama dan tujuannya, jenis domain ini di peruntukan untuk domain yang menggunakan kode negara sebagai identitas seperti misalnya .ID untuk code negara Indonesia. Jenis domain ini biasanya banyak di gunakan oleh perusahaan atau seseorang yang ingin nama produk yang ingin punya ciri-ciri Indonesia.

3. Generic Top Level Domain

gTLD adalah  domain  secara khusus ditujukan untuk instasi seperti pendidikan  “.edu”, government atau yang memiliki arti pemerintahan “.gov” dan lainnya.

  • “.edu”
Baca Juga:  Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

Model  domain edu ini memiliki  kepanjangan education atau yang mempunyai arti Pendidikan. Banyak yang menggunakan model domain edu ini untuk instansi pendidikan ataupun sekolah. Selain itu, model ini juga sering dijumpai disaat kita coba cari jurnal ataupun rekomendasi untuk menyelesaikan beberapa tugas sekolah.  

  • “.gov”

Model domain gov berasal dari singkatan government atau yang memiliki arti pemerintahan. Model ini pemanfaatannya begitu jelas yaitu untuk pemerintahan federan dan anggota saja. 

  • “.mil”

Yang ke-tiga ialah model .mil. datang dari singkatan military yang mempunyai arti kemiliteran, model domain ini pemanfaatannya sungguh-sungguh dijelaskan cuma buat organisasi militer sah. Seperti perumpamaannya web tni.mil.id.

4. Second Level Domain (SLD)

Merupakan turunan dari TLD yang memiliki tujuan untuk bisa digunakan secara lebih spesifik. Contohnya adalah co.id, ac.id, atau .biz.id dimana masing-masing ditujukan untuk pengguna dari kalangan corporate atau perusahaan, universitas, serta dari komunitas bisnis.

Setelah anda mengenal jenis ekstensi domain beserta fungsinya dan tujuannya, Anda sudah pasti bisa lebih mudah dalam menentukan nama domain yang sesuai dengan target yang ingin anda capai dari website anda. Anda bisa dengan mudah menemukan domain yang anda inginkan di hostnic.id.


Di tulis oleh: