Microsoft Hentikan Internet Explorer Tahun 2021

Microsoft pada akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan Internet Explorer dan Microsoft Edge versi lama di tahun 2021. Hal tersebut dilakukan oleh Microsoft karena sejak lima tahun yang lalu sudah semakin banyak pengguna internet yang meninggalkan layanan Internet Explorer. Saat ini mayoritas pengguna internet memang menggunakan web browser lain yaitu Google Chrome. Browser lain yang juga banyak digunakan oleh pengguna internet adalah Opera, Firefox, dan lain-lain.

Semenjak hadirnya web browser lain, internet Explorer mulai kehilangan pangsa pasar dan pada akhirnya Microsoft menghentikan IE tahun depan. Dengan dihentikannya dukungan terhadap IE, maka Microsoft juga tidak lagi akan memberikan pembaruan keamanan pada sistem tersebut. Tambalan dan pembaruan sistem keamanan juga tidak akan lagi dilakukan sehingga PC Anda akan menjadi lebih rentan terhadap virus atau pun malware. Oleh karena itu, jika kalian merupakan pengguna Internet Explorer maka sebaiknya kalian tidak mengakses data penting melalui web browser ini setelah tidak mendapat dukungan lagi.

Microsoft telah menginformasikan bahwa mulai tanggal 17 Agustus 2021, aplikasi dan layanan Microsoft 365 tidak akan lagi mendukung Internet Explorer 11. Mereka juga menginformasikan bahwa aplikasi web Microsoft Team tidak mendukung IE 11 mulai 30 November 2020. IE diketahui memang sempat menjadi web browser utama namun semakin lama IE kehilangan pangsa pasar ketika bersaing dengan peramban web lainnya seperti Chrome dari Google, atau Firefox.

Oleh karena itu, sejak tanggal tersebut maka pelanggan akan mengalami penurunan layanan atau bahkan tidak bisa lagi terhubung dengan aplikasi dan layanan Microsoft 365 di IE 11. Meskipun demikian, Microsoft menjelaskan bahwa Internet Explorer 11 tidak akan menghilang. Mereka memahami bahwa masih banyak perusahaan yang memiliki aplikasi web yang hanya dapat bekerja pada browser tersebut, sehingga kemungkinan besar mereka tidak akan menghentikan sepenuhnya dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Trik Cara Kompersi File PDF Dengan Sangat Mudah

Sebagai gantinya, Microsoft menyarankan kepada penggunanya untuk menggunakan Microsoft Edge versi baru. Mereka menginformasikan bahwa Microsoft Edge baru dapat memenuhi kompatibilitas pelanggannya. Microsoft Edge memiliki SmartScreen internal dan memiliki perlindungan phishing dan malware dengan peringkat tertinggi. Microsoft juga sudah menyiapkan teknisi yang siap membantu pelanggan jika mereka mengalami masalah pada sistem yang digunakan.


Di tulis oleh: