Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

Apa Itu Domain – Jika Anda masih baru di dunia website, tentu Anda bertanya-tanya, apakah itu domain? Jika diibaratkan sebuah toko maka domain adalah nama toko anda dalam versi dunia maya. Pada intinya domain atau nama website diibaratkan jadi alamat fisik yang jelas dan dapat di kunjungi. Untuk contoh, navigasi satelit sebagai peta memerlukan nama jalan atau code pos agar skema dapat sediakan arah. Sama seperti dengan situs browser yang memerlukan nama domain untuk menjadi petunjuk arah beberapa pengunjung ke website anda.   

Nama domain sendiri terdiri dari dua komponen penting yaitu berisi nama web dan ekstensi nama domain (.com) contohnya Facebook (nama web) dan .com (ekstensi nama domain).

Lalu, apa sih sebenarnya arti domain itu? Domain adalah nama satu alamat tujuan yang diperuntukkan untuk mengenali satu server komputer. Waktu anda menuliskan nama link atau tautan situs laman web dengan spesifik, maka  Anda akan segera diantarkan langsung ke alamat laman web yang Anda tuju. Sederhananya,  alamat website ialah IP yang terwujud dari gabungan angka yang kompleks. Alamat IP itu berikutnya disederhanakan jadi suatu nama unik, seperti .com, .co, .net, .org, dan lain sebagainya. Domain juga penting serta diperlukan karena jadi suatu alamat satu situs web yang dengan alamat itu Anda bisa dengan mudah ditunjukan ke alamat tujuan.

Fungsi Domain

Domain mempunyai peranan penting dalam suatu web. Berikut adalah fungsi-fungsi domain :

  • Jadi Perwakilan Jati diri 

Bagi anda pemilik usaha, domain adalah sisi penting proses dari branding. Jadi, jangan remehkan kepentingan memilih domain sebab dapat menggambarkan visi misi usaha yang sedang Anda rintis..

  • Mempermudah Pemakai Untuk Terhubung 

Domain berperan sebagai penyedia akses yang makin simpel ke pemakai. Nama domain umumnya terbagi dalam satu atau beberapa kata unik serta mudah diingat. Domain yang bagus umumnya akan membuat pengunjung berminat untuk membuka suatu website.

Untuk bisa mendapatkan nama website atau domain yang Anda inginkan. saat ini telah banyak jasa yang menjual domain salah satunya adalah Hostnic.id. Anda bisa mendapatkan domain incaran anda di sini dengan harga yang lebih terjangkau serta akses yang lebih mudah dan terpercaya. 

Segera buka website hostnic.id login atau daftar dengan memasukan alamat email dan passwords lalu registrasikan domain yang anda inginkan.

Baca Juga:  Bingung Memilih Nama Domain? Ini Tipsnya

Di tulis oleh: