Hemat Kuota! Berikut Rekomendasi Aplikasi Belajar Offline

Semenjak pandemi covid-19, sekolah-sekolah di tutup dan berganti menjadi pembelajaran online atau daring jarak jauh. Tentu terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara pembelajaran tatap muka dengan online. Belum lagi dengan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan online learning. 

Media atau aplikasi penunjang belajar saat ini sudah banyak tersedia baik online maupun offline. Salah satu opsi belajar yang di cari adalah aplikasi belajar offline yang lebih irit dan hemat kuota. 

Aplikasi belajar saat ini memang sudah banyak, namun demi meringankan beban kuota yang tak sedikit dikeluarkan. Berikut kami berikan rekomendasi Aplikasi belajar offline yang bisa kamu download secara gratis dan belajar tanpa adanya kuota internet :

1. Science360

Rekomendasi aplikasi belajar offline yang pertama adalah Science360. Dari namanya kita mungkin sudah tahu yah isi dari aplikasi ini. Ya, aplikasi ini akan memberikan berbagai ilmu atau materi seputar dunia science yang diproduksi oleh para ilmuwan dari seluruh dunia. 

Menariknya, tampilan untuk belajar ini disajikan melalui gambar dan video sehingga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa dinikmati melalui gadget berupa tablet saja.  

2. Pintar Cerdas Matematika

Siapa yang ingin pintar matematika? Harus mencoba aplikasi yang satu ini. Pintar Cerdas Matematika adalah sebuah aplikasi permainan/game smartphone yang bermanfaat untuk membantu dalam belajar matematika dasar. 

Pada aplikasi ini, kita akan diajak untuk operasi dasar matematika seperti penjumlahan dan pengurangan. Gamenya sendiri ada 3 level permainan yang akan dilalui yaitu operasi matematika dengan angka satuan, lalu dilanjutkan belasan, dan yang terakhir dengan angka puluhan.

Aplikasi belajar offline ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk anak-anak sekolah dasar yang baru akan mempelajari tentang matematika dasar pada khususnya.

3. Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSE)

Buku adalah sumber ilmu dan jendela dunia namun pada era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, pelajar sudah tidak perlu bingung lagi harus membeli atau meminjam sebuah buku. 

Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSE) adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh departemen pendidikan Indonesia dengan tujuan agar para siswa bisa mempelajari semua mata pelajaran mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Sekolah Menengah Atas. 

Dengan aplikasi buku sekolah digital akan mempermudah siswa untuk belajar semua materi yang dibutuhkannya. 

Baca Juga : Aplikasi Belajar Online Terbaik Sebagai Teman Belajar Selama Pandemi

4. Soal Ujian SD

Sesuai namanya, aplikasi belajar offline ini diperuntukan untuk siswa sekolah dasar dari kelas 1 sampai kelas 6. Aplikasi ini menyediakan kumpulan soal dari semua bidang studi seperti mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, sampai PKN. 

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai sarana berlatih dan belajar dengan menjawab setiap soal dengan cara yang menyenangkan dan sajian user interface yang menarik dengan warna yang cerah. Sangat cocok sebagai teman belajar anak-anak. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi Aplikasi belajar offline yang bisa membantu dalam menunjang kualitas belajar anak selama berada di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat!


Di tulis oleh: