Perbedaan cPanel Plesk dan cPanel

Cpanel juga merupakan control panel hosting yang populer dan banyak digunakan terutama oleh penyedia jasa web hosting. Walaupun sama-sama populer, tentu saja CPanel dan Plesk mempunyai perbedaan yang mencolok. Adapun perbedaan Plesk dan Cpanel kurang lebih sebagai berikut :

Penghapusan Panel

Plesk memungkinkan penggunanya untuk menghapus script serta komponen lain yang telah dipasang. Walaupun demikian, hal ini tidak dianjurkan karena pengguna tentu akan kewalahan ketika websitenya mengalami bug atau down. Sementara itu, CPanel tidak memungkinkan pengguna untuk menghapus apa-apa yang telah dibuat. Akan tetapi jika pengguna tersebut masih memaksa untuk melakukannya, maka dia harus bersiap memformat seluruh server yang telah dibuatnya. Bahkan dia juga diharuskan untuk install ulang semua sistem operasi yang terdapat di dalamnya.

Akses Pengguna

Plesk hanya mempunyai satu login untuk pengguna serta administrator. Dengan begini, pengguna bisa lebih mudah dalam membuat email dan juga subdomain. Panel adminnya juga tampak lebih profesional. Sementara pada CPanel, sudah terdapat WHM atau Web Host Manager sebagai akses untuk administrator server. Sementara untuk pemilik website, tersedia sistem login dan antarmuka yang berbeda. Dengan begini, hak akses user bisa dipisah-pisah serta pengguna bisa membuat login yang baru sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  Template Admin Dashboard Gratis

Di tulis oleh: