Pengertian CDN ( Content Delivery Network )

Pengertian CDN atau Content Delivery Network adalah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Yang dilakukan oleh CDN adalah meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Mungkin Anda berpikir jika Anda menggunakan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, menggunakan CDN tidak memiliki efek yang cukup berarti.

Padahal, tidak peduli seberapa besar resource server yang Anda miliki, lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Katakanlah lokasi visitor berada di India, sedangkan server dari website Anda berada di US. Karena jarak antara lokasi visitor dan server, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama. Tapi, dengan adanya server CDN berada di beberapa tempat (misalnya India, US, dan Singapura) proses pengiriman konten dapat lebih cepat.

Jika visitor Anda berasal dari India, CDN akan mengirimkan file dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Dalam kasus ini, file bisa jadi dikirimkan dari server yang juga terletak India. Setelah membahas mengenai apa itu CDN, sekarang waktunya mengulas mengenai keuntungan dan manfaat menggunakan CDN.

Keuntungan & Manfaat Menggunakan CDN

  1. CDN solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor
  2. CDN memastikan sebuah website dapat di akses secara global
  3. CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource ( misal : disk space dan bandwidth)
  4. CDN mendukung semua tipe website dan hosting
  5. CDN meningkatkan peringkat yang lebih baik di index mesin pencari
  6. CDN meningkatkan kecepatan loading situs web,terutama jika visitor dari dekat dengan server CDN

Di tulis oleh: