Mengenal Komponen Dasar dalam Sebuah Website

Komponen Dasar dalam Sebuah Website – Sebagai pengguna internet, blogger atau web developer, kita perlu mengetahui dan memahami hal-hal yang ada di website. Karena, bagaimanapun juga saat terhubung ke Internet dan menggunakannya, kita tidak akan pernah terputus dari aplikasi bernama “Web”. 

Jadi, bahkan bagi yang masih baru, Anda harus membaca artikel ini karena merupakan komponen yang penting, mudah dan lugas yang sering “terhubung” dengan situs web atau blog.

Memiliki website dan komponennya sangat penting bagi sebuah instansi, perusahaan atau para pelaku UMKM.

Memiliki website kini menjadi pertimbangan tersendiri bagi para pengusaha yang ingin lebih profesional dalam hal “online business”. Tapi, apakah kalian mengerti bagaimana website dapat  merilis informasi dan diakses oleh jutaan orang? Apa yang Anda butuhkan untuk membuat situs web? Di sini Anda perlu mengetahui komponen-komponen sebuah website yang harus ada.

Domain

Satu diantara elemen website yang perlu ada di web yakni domain. Secara simpel, domain dapat dijelaskan sebagai alamat fisik untuk nantinya Anda dapat berkunjung ke blog /website. Dapat dikatakan, domain tersebut dimisalkan sebagai alamat jalan dan kode pos.

Komponen Dasar dalam Sebuah Website

Domain sendiri memberi keringanan untuk Anda dalam mengingat alamat web. Ini berlaku untuk pelanggan Anda. Bila Anda mempunyai web dengan nama domain yang unik, karena itu pelanggan akan mudah ingat website Anda . Maka, juga penting bagi Anda untuk mengerti langkah membuat domain yang unik dan cocok.

Hosting

Bila diibaratkan sebuah gedung atau bangunan maka hosting merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki sebuah website, karena fungsinya mirip dengan sebuah lahan, semakin luas lahannya maka akan semakin leluasa juga untuk kita membangun sesuatu di atasnya.

Dalam dunia digital, hosting sendiri merupakan tempat untuk menyimpan berbagai data yang berhubungan dengan sebuah website mulai dari konten, file, dokumen, software, aplikasi, dan lainnya. 

Setiap penyedia hosting akan memberikan batasan pada pelanggannya agar dapat menyimpan berbagai item di websitenya. Semakin tinggi kapasitas hosting, semakin banyak ruang penyimpanan di website.

CMS

CMS merupakan kepanjangan dari content management system atau sistem pengendalian konten. CMS sebuah prosedur yang dibuat setelah itu dipakai untuk mengganti, menambahkan, atau mengurangi content web.

Dalam kata lain, CMS sebagai elemen yang ada di website sebagai alat untuk dipakai saat melakukan pengendalian web. Sekarang ini telah banyak CMS yang bisa Anda pakai. Tetapi hingga saat ini CMS terbaik dan terbanyak pemakainya ialah WordPress.

Komponen Dasar dalam Sebuah Website

Design

Elemen web selanjutnya dikenali dengan sebutan design web. Bila domain sebagai alamat dan hosting sebagai tempat, maka design sebagai bentuk, tampilan atau dekor dari bangunan itu. Design web paling simpel ialah memakai template. Bila ingin modifikasi lebih, pembuatan desain web yang lebih sulit bisa memakai page builder sampai coding.

Pengerjaan desain web berbeda dengan design grafis, tetapi design grafis sebagai satu diantara sisi dari tahapan pembuatan design web. Pembuatan desain grafis umumnya memakai software Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain-lain. Pembuatan desain grafis condong lebih gampang hingga kerap dipakai untuk membantu visualisasi design web yang bakal dibuat. 

Visualisasi desain web memakai desain grafis ini disebut dengan mock up design web. Dari hasil mock up ini berbentuk gambar yang memperlihatkan design web seperti aslinya. Dengan demikian, web designer cukup mencontoh gambar mock up saat membuat desain web.

Ada beragam komponen penting yang ada dalam design web seperti layout, penetapan tipe huruf, warna, karakter sampai ukuran. Design dalam web meliputi navigasi yang akan mempermudah beberapa pengunjung saat menelusuri web Anda. Itulah beberapa komponen dasar dalam sebuah website.

Baca Juga:  Bahaya Malware, Cek website kamu sekarang!

Di tulis oleh: