Apa Itu URL?

URL tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang yang aktif dan sering menggunakan internet. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada banyak orang yang belum memahami apa itu URL. Padahal setiap mereka berselancar di internet, secara tidak langsung mereka sudah menggunakan URL.

Jadi, apa itu URL? URL adalah singkatan dari Uniform Rescure Locator, yakni sebuah karakter yang mempunyai standar tertentu untuk menunjukkan alamat dari sumber-sumber internet baik berupa gambar, dokumen, file page dan banyak lagi lainnya. Salah satu standar tersebut diantaranya seperti diawali dengan http, tidak terdapat spasi dan sebagainya. URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser.

Seperti halnya alamat rumah yang terdiri atas nama pemilik rumah, nama jalan, nama gang, hingga kode pos ─ URL juga memiliki terdiri atas bagian-bagian yang serupa. Secara umum terdapat lima komponen utama dalam setiap URL, yaitu scheme, subdomain, top-level domain, second-level domain, dan subdirectory.

Baca Juga:  Membuka Mangsa Pasar Dengan Web Hosting

Di tulis oleh: