Harga Domain .WEB.ID Termurah Hanya 10rb

Cara Installasi WordPress Secara Offline

Sampai saat ini platform wordpress adalah sistem pengelolaan konten yang paling banyak digunakan dan yang paling populer. Kira-kira hampir mendekati kisaran 40% website maupun blog yang telah dibangun dengen platform CMS wordpress ini.

Platform ini cukup fleksibel dalam penggunaannya dan itu salah satu alasan dari sekian banyak pengguna yang menggunakannya, platform ini bisa digunakan oleh berbagai macam kalangan, misalnya para blogger sampai ke kelas perusahaan. CMS ini bisa dikatakan cukup informatif terkait dari layanannay dan bisa digunakan oleh pemula sekalipun dalam membuat website sederhana. Ini juga yang melatarbelakangi banyaknya info yang banyak dicari orang-orang. Dan ini juga alasan kami membuat tutorial tentang cara installasi wordpress secara offline.

Dibawah ini ada ulasan kamu tentang cara membangun sebuah website dengen wordpress secara offline dengan software tambahan yaitu Xampp, jika yang belum memiliki software ini silahkan download dulu di situs resminya.

Jika anda menggunakan wordpress untuk membangun website anda sendiri biasanya akan ada 2 pilihan,  dua pilihan tersebut adalah

  • wordpress.com yang merupakan platform blog gratis
  • wordpress.org yang perlu di host sendiri

Didalam membuat website yang bagus dan professional maka kami sarankan anda menggunakan wordpress.org yang bisa di host sendiri. dengan wordpress yang bisa di host sendiri tersebut anda bisa menyesuaikan websitenya dengen kebutuhan anda, selain itu untuk wordpress.com anda tidak bisa menggunakan adsense.

Di postingan kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana caranya install wordpress secara offline di komputer anda. Setelah anda install Xampp, coba anda buka phpmyadmin di browser anda, phpmyadmin ini yang akan mengelola database anda nantinya :

Membuat Database untuk wordpress

Langkah awal anda membuat database agar nanti wordpress di install di database tersebut. nanti saat anda mulai install database anda isikan nama database didalam kotak pembuatan database yang telah anda buat di phpmyadmin, anda bisa memberikan nama sesuai keinginan anda misalnya mysite_db selanjutnya anda klik tombol yang ada disebelah kata create.

Baca Juga:  WordPress wp-login.php brute force attack

Saatnya Install WordPress Secara Offline

Sebelum memulai di install bagi anda yang belum mendownload wordpress silahkan didownload terlebih dahulu. Setelah didownload nanti filenya berbentuk .zip, selanjutnya anda extract saja. Selanjutnya anda buka c:/xamp/htdocs selanjutnya anda copy dan paste file wordpress yang sudah di extract tadi di pastenya di c:/xamp/htdocs. Anda tinggal ganti saja nama folder wordpressnya misalnya “mysite”.

  • Selanjutnya anda buka localhost/mysite di browser yang anda gunakan, lalu klik ‘open’
  • Selanjutnya anda tinggal klik tombol ‘Let’s go!’ untuk melakukan installasi WordPress, selanjutnya nanti anda akan mengisi beberapa informasi yang sesuai dan benar.
  • Selanjutnya anda sekarang coba untuk berinteraksi dengan example_db didalam nama database yang anda buat diawal tadi. Selanjutnya pada kolom ‘my site’ di username tersebut, disana anda kosongkan passwordnya, dan beri localhost pada kolom host database, dan selanjutnya tinggalkan wp anda baru anda kirim.
  • Selanjutnya anda klik tombol ‘run the install’ yang muncul pada layar, sekarang anda akan diantarkan ke halaman berikutnya yang berisi beberapa form WordPress. Di form tersebut anda bisa isikan informasi dasar tentang website anda selanjutnya tinggal klik tombol ‘Install WordPress’.
  • Selanjutnya anda akan diantarkan ke halaman login dengan cara anda klik tombol ‘Log in’ disana anda bisa menentukan informasi login anda sendiri.
  • Selanjutnya anda tinggal masukan username anda di kolom username dan masukan password yang sudah anda buat sebelumnya dan coba login.
  • Nah, sekarang website anda sudah terinstall dan dashboard anda sudah siap digunakan, anda bisa log out kapan saja dengan cara klik howdy dibagian pojok kiri.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk di share, jangan lupa baca artikel kami yang lain, mudah-mudahan bisa bermanfaat.


Di tulis oleh: