Perbedaan Template dan Plugin

Perbedaan Template dan Plugin – Bagi yang baru mulai mempelajari website khususnya wordpress pastinya akan banyak sekali pertanyaan. Terutama seperti bahasan kali ini yaitu tentang perbedaan Template dan Plugin. Apa bedanya sih? Beda apa sama? Mari kita simak ulasannya.

Apa itu Template?

Template atau lebih dikenal dengan Tema adalah tempat kita untuk menyesuaikan tampilan atau mengatur bagaimana rupa website kita nantinya. Tema pada wordpress sendiri ada banyak sekali dari mulai yang free (gratis) sampai yang premium (berbayar).

Untuk yang menggunakan wordpress tak perlu bingung cara pemakaiannya karena tema yang disediakan gampang di customize sehingga memudahkan kamu agar bebas mengatur tampilan website sesukamu.

Kemudian bagaimana dengan Plugin?

Baca Juga : Rekomendasi Plugin WordPress Wajib Untuk Website

 Apa sih Plugin itu?

Plugin pada wordpress adalah kode software yang memiliki fungsi tertentu agar memungkinkan program untuk menjalankan fitur tambahan. Fitur tambahan ini seperti misalnya anda ingin menambahkan fitur-fitur pendukung dalam website. Contohnya, anda ingin menambahkan fitur chat atau form, maka anda bisa mencari pluginnya lalu mengisntalnya ke dalam website.

Ada banyak sekali plugin yang disedikan oleh wordpress yang bisa anda gunakan dengan berbagai kebutuhan. Ada banyak plugin yang free (gratis) namun ada juga plugin premium (berbayar) biasanya versi updrade dengan fitur lebih lengkap lagi.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Perbedaan Template dan Plugin yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.


Di tulis oleh: