Jenis Jenis Server Network (Jaringan Server)

Jenis Jenis Network Server – Banyak jaringan di internet menggunakan model jaringan client-server yang mengintegrasikan situs web dan layanan komunikasi.

Model alternatif, yang disebut jaringan peer-to-peer, memungkinkan semua perangkat di jaringan berfungsi baik sebagai server atau klien sesuai kebutuhan. Jaringan rekan menawarkan tingkat privasi yang lebih besar karena komunikasi antar komputer ditargetkan secara sempit. 

Namun, sebagian karena keterbatasan bandwidth, sebagian besar implementasi jaringan peer-to-peer tidak cukup kuat untuk mendukung lonjakan lalu lintas yang besar.

Memahami Server Cluster 

Kata cluster digunakan secara luas dalam jaringan komputer untuk merujuk pada implementasi sumber daya komputasi bersama. Biasanya, sebuah cluster mengintegrasikan sumber daya dari dua atau lebih perangkat komputasi yang dapat berfungsi secara terpisah untuk beberapa tujuan umum (seringkali perangkat workstation atau server).

Sebuah web server farm adalah kumpulan server web jaringan, masing-masing dengan akses ke konten di situs yang sama. Server ini berfungsi sebagai cluster secara konseptual. Namun, para puritan memperdebatkan klasifikasi teknis dari server farm sebagai sebuah cluster, tergantung pada detail konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Server Komputer di Rumah

Karena server adalah perangkat lunak, orang dapat menjalankan server di rumah, dapat diakses baik ke perangkat yang terhubung ke jaringan rumah mereka atau perangkat di luar jaringan. Misalnya, beberapa hard drive yang sadar jaringan menggunakan protokol server Penyimpanan Terlampir Jaringan untuk memungkinkan PC yang berbeda di jaringan rumah mengakses kumpulan file bersama.

Perangkat lunak server media Plex membantu pengguna melihat media digital di TV dan perangkat hiburan terlepas dari apakah data ada di cloud atau di PC lokal.

Jika jaringan Anda diatur untuk memungkinkan port forward, Anda dapat menerima permintaan masuk dari luar jaringan Anda untuk membuat server rumah Anda bertindak sebagai server dari perusahaan besar seperti Facebook atau Google (di mana siapa pun dapat mengakses sumber daya Anda).

Namun, tidak semua komputer rumah dan koneksi internet cocok untuk banyak lalu lintas. Bandwidth, penyimpanan, RAM, dan sumber daya sistem lainnya adalah faktor yang mempengaruhi seberapa besar server rumah yang dapat Anda dukung. Sebagian besar sistem operasi rumahan juga tidak memiliki fitur terkait server.

Informasi Lebih Lanjut tentang Server

Karena waktu aktif sangat penting bagi sebagian besar server, server tidak dirancang untuk dimatikan melainkan dijalankan 24/7. Namun, server terkadang mati secara sengaja untuk pemeliharaan terjadwal. 

Itulah sebabnya beberapa situs web dan layanan memberitahu pengguna tentang waktu henti terjadwal atau pemeliharaan terjadwal. Server mungkin juga mati secara tidak sengaja selama sesuatu seperti serangan DDoS.

Server web yang melaporkan kesalahan karena waktu henti—baik disengaja atau tidak—mungkin melakukannya menggunakan kode status HTTP standar.

Saat server web menghapus informasi secara permanen, atau bahkan sementara, Anda mungkin masih dapat mengakses file tersebut jika layanan pihak ketiga mengarsipkannya. Wayback Machine adalah salah satu contoh pengarsipan web yang menyimpan snapshot halaman web dan file yang disimpan di server web.

Bisnis besar yang memiliki banyak server biasanya tidak mengakses server ini secara lokal, seperti dengan keyboard dan mouse, melainkan dengan akses jarak jauh. Server ini terkadang juga merupakan mesin virtual, artinya satu perangkat penyimpanan dapat menampung banyak server, yang menghemat ruang fisik dan uang. Itulah sedikit pembahasan tentang jenis jenis server network, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Tips Menentukan Web Hosting Terbaik

Di tulis oleh: