6 Cara Meningkatkan Keamanan Website dengan Tepat

Website yang mampu menarik pengunjung biasanya memiliki akses cepat dan juga user-friendly. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara meningkatkan keamanan website demi keberlangsungan laman website Anda.

Karena penjahat dunia maya tidak hanya menyerang situs web yang besar saja, bahkan website yang masih baru pun tidak luput dari serangan mereka. Biasanya mereka akan mengambil sejumlah data atau informasi di dalam website Anda dan menjualnya kepada pihak tertentu. 

Cara Meningkatkan Keamanan Website 

Supaya website Anda aman dari serangan penjahat dunia maya, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk meningkatkan keamanan website: 

1. Pakai SSL

Pemakaian Secure Sockets Layer atau SSL adalah hal terpenting untuk mengamankan situs web Anda. SSL sendiri bisa Anda lihat pada alamat domain situs web yang berawalan ikon gembok atau “https”. Ikon tersebut menunjukkan bahwa koneksi antara server situs web dan browser telah terenkripsi dan berjalan aman.

2. Cek Konfigurasi Server

Konfigurasi pada server terdiri beberapa jenis, misalnya Apache, Microsoft IIS, dan juga Nginx. Anda perlu melakukan pengecekan agar dapat menerapkan aturan tertentu yang nantinya akan bekerja di server sesuai perintah Anda. Demi meningkatkan keamanan website. 

Web server sendiri adalah perangkat lunak yang ada di web client. Tugasnya adalah memastikan browser bisa menampilkan data dan halaman yang diminta oleh pengguna internet.  

3. Batasi Akses Pengguna

Cara meningkatkan keamanan website berikutnya adalah dengan membatasi akses pengguna. Anda bisa mengatur peran pengguna yang masuk ke laman situs web Anda. Contohnya admin, anggota, editor, dan lain-lain. Cara ini dapat mengurangi dan mencegah risiko kerusakan karena faktor human error.

Baca Juga:  Web Hosting Untuk Kebutuhan Kita

4. Ubah Pengaturan Default CMS

Default CMS sangatlah berbahaya bagi keamanan end user. Sebab, serangan hacker umumnya menggunakan pengaturan default CMS untuk melancarkan serangannya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengubah pengaturan tersebut untuk mencegah serangan cyber crime.

5. Install Ekstensi Terpercaya

CMS menyediakan berbagai pilihan aplikasi yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Tetapi, Anda tidak boleh sembarangan menginstall ekstensi. Karena ada beberapa ekstensi yang bisa menjadi celah untuk serangan hacker. Maka dari itu, sebaiknya Anda hanya menginstall ekstensi terpercaya saja yang berasal dari sumber resmi.

6. Rutin Update CMS Website

Rutin melakukan update CMS website juga bisa menjadi cara meningkatkan keamanan website. Karena biasanya hacker hanya menyerang perangkat lunak yang tidak pernah di update atau telah usang.

Perangkat lunak yang telah usang sangatlah mudah di hack memakai bots dengan cara mencari celah dan scanning secara terus menerus. Oleh sebab itu, penting untuk Anda selalu memakai CMS versi paling baru untuk situs web Anda. 

Tingkatkan Keamanan Website untuk Cegah Cyber Crime  

Bahayanya akibat yang ditimbulkan oleh kejahatan dunia maya atau cyber crime membuat Anda perlu melakukan 6 cara meningkatkan keamanan website di atas. Khususnya bagi Anda yang memiliki website seperti toko online atau lembaga keuangan.

Tentunya akan berdampak kerugian besar bila mendapatkan serangan dari hacker. Maka dari itu, demi mencegah terjadinya hal tersebut. Anda dapat menggunakan layanan web hosting dari Hostnic yang memiliki keamanan tingkat tinggi.

Sehingga, keamanan data Anda akan sangat terjamin. Selain itu, Hostnic juga mempunyai kualitas network yang stabil, teknologi terbaik, dan layanan bantuan yang selalu siap siaga 24 jam dalam membantu Anda.  


Di tulis oleh: