Waspada Serangan Hacker Pada Website

Digital crime by an anonymous hacker

Mengelola website memang tidak selalu mudah. Ada saja halangan seperti kendala atau eror pada website hingga diserang peretas (hacker) yang tidak bertanggung jawab. Namun, kamu wajib memahami apa saja jenis serangan ini agar bisa lebih waspada terhadap serangan siber (cyber attack).

  1. DDoS Attack
    DDoS Attack (Distributed-Denial-of-Service Attack) adalah serangan yang dilakukan secara bertubi-tubi ke target korban. Serangan ini bisa berupa ping, atau permintaan koneksi. Efek dari DDoS Attack adalah server menjadi overload dan tidak bisa diakses. Bagaimana tidak, pengunjung atau visitor asli jadi terhambat karena ada serangan tersebut. Resource akan naik dan mencapai limit server.
  2. Brute Force Attack
    Brute Force Attack adalah serangan yang dilakukan dengan cara melakukan request secara bertubi-tubi ke website. Serangan ini biasanya upaya login secara berulang-ulang menggunakan username dan password yang dicocokkan satu per satu berupa wordlist. Efek Brute Force Attack yaitu jika username dan password kamu ditebak dengan mudah, penyerang dapat segera mengakses dashboard admin website. Serangan ini juga termasuk critical, jika peretas berhasil menembus dashboard admin, kemungkinan mereka melakukan perubahan pada pengaturan atau konten di website-mu. Akhirnya, hal ini akan merepotkan developer atau pengelola website.
  3. Bug CMS/Framework
    Bug CMS/Framework adalah serangan eksploitasi bug atau celah pada CMS/Framework oleh peretas. Serangan bug ini bisa diperbaiki dengan cara meng-update CMS atau Framework yang digunakan, dengan begitu hacker tidak mendapatkan pintu untuk melakukan atau mengeksekusi celah tersebut. Efek dari Bug CMS/Framework ini adalah jika peretas mengetahui bug dan melakukan eksploitasi, kemungkinan terburuknya website-mu akan dipasangi atau disisipi backdoor shell yang dapat mengakses seluruh fungsi pada website, backdoor shell ini biasanya ditaruh di file manager cPanel.
  4. Inject Malware
    Inject Malware adalah serangan yang memungkinkan peretas (hacker) mengeksekusi script malware yang disisipi pada salah satu file yang kamu unggah ke website. Biasanya inject malware terjadi karena kamu menggunakan plugin atau nulled theme (gratis) atau bajakan yang di-download dari website tidak resmi.

Di tulis oleh: