Cara Install Nginx, MySQL/MariaDB dan PHP pada RHEL 8

Banyak pembaca tahu tentang LAMP, tetapi sedikit orang yang menyadari LEMP, yang menggantikan server web Apache dengan Nginx. Setiap server web memiliki pro dan kontra dan itu tergantung pada situasi spesifik Anda yang mana yang akan Anda pilih untuk digunakan.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menginstal LEMP Stack – Linux, Nginx, MySQL / MariaDB, PHP pada sistem RHEL 8.

Catatan: Tutorial ini menganggap bahwa Anda memiliki langganan RHEL 8 aktif dan bahwa Anda memiliki akses root ke sistem RHEL Anda.

Step 1: Install Nginx Web Server

1. Pertama, kita akan mulai dengan menginstal server web Nginx menggunakan perintah berikut, yang akan menginstal nginx dengan semua dependensi yang diperlukan.

Install Nginx on RHEL 8

Install Nginx on RHEL 8

2. Setelah instalasi selesai, aktifkan Nginx (untuk memulai secara otomatis saat boot sistem), mulai server web dan verifikasi status menggunakan perintah di bawah ini.

Enable and Start Nginx on RHEL 8

Enable and Start Nginx on RHEL 8

3. Untuk membuat halaman tersedia untuk umum, kami harus mengedit aturan firewall kami untuk memungkinkan permintaan HTTP di server web kami menggunakan perintah berikut.

Open Nginx Access on Firewalld

Open Nginx Access on Firewalld

4. Verifikasi bahwa server web sedang berjalan dan dapat diakses dengan mengakses http://localhost atau alamat IP server Anda. Anda akan melihat halaman yang mirip dengan yang di bawah ini.

Verify Nginx on RHEL 8

Verify Nginx on RHEL 8

Root direktori untuk nginx adalah /usr/share/nginx/html, jadi kami akan menempatkan file yang dapat diakses web di sana.

Baca Juga:  Command Linux untuk melihat ip address

Step 2: Install PHP Programing Language

5. Selanjutnya kita akan menginstal PHP – bahasa yang banyak digunakan untuk pengembangan web. Ini digunakan pada platform seperti WordPress, Joomla, Magento.

Untuk menginstal PHP, gunakan perintah berikut.

Install PHP on RHEL 8

Install PHP on RHEL 8

6. Sekarang restart server web Anda sehingga Nginx akan melayani permintaan PHP.

7. Sekarang mari kita uji PHP dengan membuat file info.php sederhana dengan phinfo() di dalamnya untuk meninjau konfigurasi PHP kita.

8. Sekarang akses http://localhost/info.php atau http://server-ip-address/info.php untuk memverifikasi bahwa PHP berfungsi. Anda akan melihat halaman seperti ini:

Check PHP Info on RHEL 8

Check PHP Info on RHEL 8

Step 3: Install MariaDB Server

8. MariaDB adalah server basis data yang populer, digunakan di banyak lingkungan. Instalasi sederhana dan hanya memerlukan beberapa langkah seperti yang ditunjukkan.

Install MariaDB on RHEL 8

Install MariaDB on RHEL 8

9. Setelah instalasi selesai, aktifkan MariaDB (untuk memulai secara otomatis setelah boot sistem), mulai server web dan verifikasi status menggunakan perintah di bawah ini.

Enable and Start MariaDB on RHEL 8

Enable and Start MariaDB on RHEL 8

10. Terakhir, Anda ingin mengamankan instalasi MariaDB Anda dengan mengeluarkan perintah berikut.

Anda akan ditanya beberapa pertanyaan berbeda tentang instalasi MariaDB dan bagaimana Anda ingin mengamankannya. Anda dapat mengubah kata sandi pengguna root basis data, menonaktifkan basis data pengujian, menonaktifkan pengguna anonim, dan menonaktifkan login root dari jarak jauh.

Baca Juga:  Cara Mengatasi LVM "Inactive" di Linux

Berikut ini sebuah contoh:

Secure MariaDB Installation on RHEL 8

Secure MariaDB Installation on RHEL 8

11. Setelah diamankan, Anda dapat terhubung ke MySQL dan meninjau database yang ada di server database Anda dengan menggunakan perintah berikut.

Check MySQL Databases in RHEL 8

Check MySQL Databases in RHEL 8

Kesimpulan

Pemasangan LEMP adalah proses yang mudah diselesaikan dalam beberapa langkah. Anda dapat menambahkan konfigurasi tambahan ke Nginx, PHP dan MariaDB Anda untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja, namun ini adalah tugas di luar ruang lingkup artikel ini. Semoga prosesnya mudah bagi Anda.


Di tulis oleh: