Ini Daftar 5 Linux Terbaik 2018

2018 adalah tahun yang fantastis untuk Ubuntu dan untuk Linux secara umum. Ini Daftar 5 Linux Terbaik 2018. Daftar ini tidak disajikan dalam urutan mana yang terbaik. Entri yang dipetakan sebagian dipilih berdasarkan jajak pendapat yang kami lakukan di saluran Telegram kami.

Daftar Linux Distros Terbaik 2018

1. Ubuntu 18.04 LTS ‘Bionic Beaver’

google chrome in ubuntu

Itu adalah rilis paling kritis dari Ubuntu dalam 14 tahun sejarah distro. Antisipasi dan harapan untuk apa yang akan menjadi rilis Dukungan Jangka Panjang pertama di era desktop pasca-Persatuan berjalan tinggi.

Canonical memperbaiki segalanya dengan Ubuntu 18.04: dari tema ke kernel

Apakah pengembang akan mengadopsinya? Akankah pengguna akhir mengatasinya? Apakah orang akan membenci perubahan? Apakah pembaruan penting LTS ke LTS akan berjalan dengan lancar ?!

Untungnya, Canonical mendapatkan semuanya dengan benar di Ubuntu 18.04 LTS.

Dari tampilan (akhirnya diperbarui untuk berfungsi dengan baik dengan aplikasi GTK3 modern) hingga penambahan penyambutan selamat datang (sopan) dengan membuatnya mudah untuk menggunakan fitur, teknologi, dan aplikasi baru. Heck, itu bahkan membawa integrasi Livepatch.

Daya tarik fondasi Ubuntu yang solid, desktop GNOME (lalu) terbaru dan kernel Linux yang retak terlalu banyak untuk ditolak orang. Ubuntu 18.04 menjadi sukses besar.

Begitu bagusnya fakta bahwa Mark Shuttleworth baru-baru ini mengungkapkan Canonical akan mendukung Ubuntu 18.04 LTS dengan dukungan 10 tahun, hingga 2028! Rilis ini mendapat 5 tahun pembaruan gratis yang sedang berlangsung dan, bagi mereka yang membutuhkan keamanan dan stabilitas, 5 sebagai rilis Extended Maintenance Maintenance berbayar.

2. Linux Mint 19.1 “Tessa”

linux mint 19.1 uses a modern desktop layout

Rilis paling baru dalam daftar ini, Linux Mint 19.1 baru tiba bulan ini. Tetapi distro berbasis Ubuntu yang sangat populer terus meningkat dan mengesankan. Diperkuat dengan kuat sebagai distro Linux untuk pengguna baru atau pengguna dengan kebutuhan komputasi yang tidak terlalu mencolok, Mint adalah Linux yang sangat penting.

Baca Juga:  Monitoring Aktivitas Hardisk I/O Dengan IOTOP dan IOSTAT pada Ubuntu 16.04

Dan versi terbaru, dijuluki ‘Tessa’ (semua rilis Linux Mint membawa nama wanita), Linux Mint 19.1 hadir membawa barang.

Ada tata letak desktop Cinnamon yang lebih ramping dan lebih bersih (dengan sentuhan modern, seperti pengelompokan jendela), tema GTK yang diperbarui (termasuk varian gelap wajib), set ikon yang lebih konsisten, dan pembaruan untuk aplikasi homespun Mint, termasuk Mint Welcome dan Backup Alat.

Semua itu di atas basis Ubuntu 18,04 LTS yang solid dan stabil.

Jika Anda belum mencicipi Linux Mint selama beberapa waktu, Linux Mint 19.1 adalah rilis yang bagus untuk berkenalan kembali.

Download Linux mint 19.1

3. Fedora 29

best linux distros 2018: fedora 29

Ada dunia yang indah di luar negeri Ubuntu Linux yang basah kuyup, sesuatu yang merupakan bukti peluncuran Fedora 29 Workstation.

Fedora 29 hadir dengan GNOME 3.30 yang fantastis, menambahkan dukungan untuk ZRAM pada gambar ARM, dan menyembunyikan menu GRUB secara default pada sistem di mana Fedora adalah satu-satunya OS yang diinstal.

Itu juga memperkenalkan Modularitas Fedora. Fitur praktis ini memungkinkan pengembang yang bekerja dengan Fedora menggunakan versi paket kunci yang lebih baru (atau lebih lama) sesuai keinginan mereka. Sebagai contoh, devs dapat memilih apakah akan menggunakan Node.js versi 6, versi 8 atau versi 10, tanpa pilihan yang memengaruhi sistem lainnya.

“Anda tidak perlu lagi membuat seluruh keputusan peningkatan OS berdasarkan versi paket individual,” jelas Fedora Magazine.

Bisa dibilang perubahan paling menarik yang terjadi di Fedora terjadi di Fedora Silverblue – tetapi lebih pada waktu lain.

Download Fedora 29 Workstation

4. elementary OS 5.0

elementary os 5.0 screenshot

OS dasar “indie Linux distro” yang kacau itu mengeluarkan rilis baru tahun ini sangat menyenangkan semua orang.

Baca Juga:  Install Teamviewer di Debian 10

Ditempuh seperti anggur halus atau daging yang diawetkan, rilis utama OS dasar hanya tiba ketika mereka dianggap siap. Pola rilis mungkin membuat frustasi penggemar yang menginginkannya sekarang, sekarang, sekarang, tetapi berfungsi: rilis OS dasar yang stabil selalu merasa teruji dengan baik, dipoles dengan baik dan (seperti yang kami katakan di tahun 90-an) sangat bagus.

Elementary OS Juno memperkenalkan nomor versi utama baru (5.0) tetapi itu adalah pembaruan untuk desktop distro Pantheon yang dikembangkan di rumah, fokus ramah pengembang, dan serangkaian aplikasi yang sedang berkembang yang dibicarakan kebanyakan orang.

Sorotan termasuk ikon folder berwarna baru (tidak, sungguh-sungguh), aplikasi Manajer file yang lebih cepat dan ramping, fitur ‘Housekeeping ne yang rapi untuk membersihkan cache aplikasi dan sebagainya,

Jika ada gosokan maka distro akan terus mengikuti cetakan macOS. Ada ruang lingkup yang sempit untuk penyesuaian, penyesuaian atau penyesuaian preferensi. Selera dasar terasa paling enak disajikan; gunakan OS dasar seperti cara OS dasar dibuat dan Anda akan lebih menikmati pengalaman itu.

Anda dapat mengunduh OS Juno dasar dari situs web proyek, tetapi ia akan meminta Anda membayar.

Jika Anda seorang “coba sebelum membeli”, pria atau wanita, atau Anda tidak suka ide membayar untuk distribusi Linux, Anda memasukkan ‘0 as sebagai jumlah dolar pada halaman unduhan. Ini akan memungkinkan Anda mengunduh ISO secara gratis.

Purchase elementary OS

5. Void Linux

Dikembangkan secara independen, rilis bergulir, dan sangat dipesan lebih dahulu – bukan bukan Solus, tetapi Void Linux! Distro ini telah melonjak popularitasnya tahun ini (tanyakan saja kepada Distrowatch) dan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi saya.

Baca Juga:  Cara membuat dock transparant di Ubuntu 19.04

Rilis ‘snapshot’ terbaru (ini adalah rilis bergulir, jadi ini hanyalah ISO baru) dikemas dalam berbagai peningkatan pada sistem pengemasan XBPS yang unik, mendukung serangkaian lingkungan desktop termasuk Pencerahan, Kayu Manis, dan MATE, dan terus menjadi opsi masuk untuk pengguna PC papan tunggal seperti Raspberry Pi.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang sedikit lebih seperti Linux-y daripada distro-distro utama, saya sangat merekomendasikan untuk memeriksa Void Linux. Ini benar-benar suguhan. Itu bahkan datang dalam varian musl C. Ini menggunakan perpustakaan musl C di tempat perpustakaan glibc yang lebih banyak digunakan.

Download Void Linux


Di tulis oleh: