Apa Itu CMS dan Manfaatnya Untuk Website

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang macam-macam CMS yang sering digunakan dan membahas beberapa CMS dengan lebih mendalam seperti WordPress. Salah satu CMS terpopuler dan banyak digunakan oleh kalangan pembuatan website ataupun blogger. 

Nah, sebelum kita melanjutkan untuk membahas satu persatu secara lebih rinci pengertian serta kegunaan masing-masing jenis CMS, mari kita bahas terlebih dahulu tentang Apa itu CMS serta fungsinya agar semakin paham dalam penggunaan kedepannya. 

Apa Itu CMS

CMS atau Content Manajemen System merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan untuk membuat sebuah website tanpa coding sama sekali. Sehingga penggunaannya bisa memudahkan seseorang dalam membuat sebuah website tanpa harus belajar coding terlebih dahulu.

Dengan menggunakan CMS, Anda bisa membangun website perusahaan, blog, forum bahkan hingga toko online sekalipun. Dari segi tampilan seperti theme atau template website semua sudah tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar. Beragam fitur juga tersedia dengan banyaknya pilihan serta fungsi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Manfaat CMS 

Setelah mengetahui pengertiannya, mari kita kupas lebih lanjut mengenai manfaat CMS dalam pengembangan website Anda. 

1. Efisien 

CMS adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki website tanpa repot-repot harus belajar codingan. Membuat website menjadi simple terutama bagi yang sibuk. 

2. Cepat dan Gratis

Membangun sebuah website memang perlu waktu tetapi dengan menggunakan CMS tidak perlu waktu lama. Kebanyakan untuk mensetting tampilan Anda hanya perlu memilih Theme atau template lalu tinggal upload gambar dan drag and drop. Fitur atau tema untuk website pun berlimpah, terutama untuk WordPress terdapat banyak sekali tema dan plugin gratis yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. 

3. Penambahan Fungsi

Bagi yang sudah terbiasa dengan coding maupun pemrograman, terdapat fitur custom kode sumber yang bisa dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Namun, sebelum mengubah kode sumber aslinya, perlu untuk memiliki data backup.     

4. User lebih dari satu

Sibuk mengurus bisnis tentu akan membuat Anda kerepotan dalam perawatan website. Jika Anda ingin beberapa orang mengelola website Anda, CMS bisa memungkinkan Anda membuat user lebih dari satu dan Anda bisa mengatur hak aksesnya. Apakah terbatas atau sepenuhnya. 

Masih banyak lagi manfaat lainnya dari menggunakan CMS untuk membangun sebuah website. Akan tetapi, ingat bahwa sebelum Anda menggunakannya, pastikan untuk memilih CMS yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan website Anda.  

Baca Juga:  Tanda Resiko Terkena Serangan Man In The Middle dan Cara Menghindarinya

Di tulis oleh: