Macam-Macam CMS Yang Sering Digunakan

Membuat sebuah website tidak harus Anda menguasai coding. Ada cara lain yang lebih mudah untuk yang tidak mengerti tentang coding. Anda bisa membuat sebuah website dengan menggunakan CMS atau Content Management System. CMS adalah suatu sistem untuk membuat website dengan lebih mudah. Dengan menggunakan sistem ini akan membuat orang semakin mudah dalam membuat website, blog ataupun toko online.

CMS (Content Management System) memiliki beberapa macam-macam CMS yang perlu untuk Anda ketahui dan sering digunakan :

Macam-macam CMS

1. CMS WordPress 

CMS yang satu ini merupakan CMS yang populer dan cukup banyak digunakan oleh banyak orang untuk membuat website maupun blog. Bahkan wordpress pun bisa untuk membuat toko online atau forum online sekalipun. Salah satu alasan kenapa banyak yang menggunakannya adalah karena kemudahan dalam menggunakannya yang akan membuat Anda sebagai orang awam mungkin akan takjub. 

2. CMS Joomla

CMS Joomla juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai website seperti website perusahaan, sekolah, maupun toko online. Menggunakan CMS ini dalam pembuatan website cukup powerfull.    

3. CMS Drupal

Menggunakan CMS Drupal dapat membantu Anda dalam membangun dan membuat sebuah website. Memiliki modul-modul yang menarik, seperti search tool dan search-engine friendly URL, dan aggregator berita.

4. Aura CMS

Anda mungkin masih awam mendengar tentang CMS ini. CMS ini ternyata buatan dalam negeri loh. Aura CMS adalah CMS hasil buatan anak indonesia.  

5. CMS Opencart

Jika Anda mencari CMS yang khusus untuk membuat toko online, maka Anda bisa menggunakan CMS Opencart. CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce yang sudah terbilang cukup lengkap.

Baca Juga:  Tips Memilih Themes Wordpress Sesuai Kebutuhan Website

6. CMS Prestashop

Hampir sama dengan CMS Opencart, CMS yang satu ini juga berguna untuk membuat sebuah website toko online dengan mudah bahkan fitur-fiturnya pun hampir sama.

7. CMS Moodle

Jika tadi kita sudah menemukan CMS untuk membuat toko online, Nah CMS Moodle berguna untuk membuat aplikasi E-Learning. Didalamnya sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang lengkap mulai dari online test, forum, dll. Namun, manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan perlu untuk memahami cara menggunakannya.

8. CMS vBulletin

Terakhir ada, CMS vBulletin yang penggunaannya di khususkan untuk membuat sebuah website forum diskusi. Memiliki modul yang cukup lengkap. CMS ini bisa digunakan untuk membuat sebuah forum seperti Kaskus dan lain sebagainya.


Di tulis oleh: