7 Cara Optimasi On Page SEO dengan Mudah dan Tepat 

Ketika Anda ingin memaksimalkan website bisnis Anda dengan SEO agar bisa muncul di hasil pencarian teratas Google, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satu cara tersebut adalah On Page SEO. Untuk lebih mengetahui tentang hal tersebut, mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu On Page SEO?

On Page SEO adalah sebuah upaya optimasi yang dilakukan dari dalam website bisnis Anda. Karena bentuk optimasi ini adalah melakukannya langsung dari dalam website, maka Anda bisa segera melakukan hal tersebut.

7 Cara Optimasi On Page SEO

Untuk melakukan optimasi On Page SEO, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa cara tersebut adalah dengan memaksimalkan keyword yang telah Anda tentukan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara perlu Anda lakukan.

1. Optimasi URL

Cara optimasi On Page SEO yang pertama adalah pada bagian URL. Untuk melakukan optimasi pada bagian URL ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Beberapa hal tersebut adalah mulai dari penggunaan keyword yang sesuai pada bagian URL. Jangan juga menggunakan huruf besar, cukup menggunakan huruf kecil saja semua bagian URL. 

2. Optimasi Judul Halaman

Cara optimasi yang kedua adalah pada judul halaman. Pada bagian tersebut, gunakanlah keyword yang sesuai dan juga usahakan untuk menempatkan keyword pada bagian awal kalimat judul halaman. Tambahkan juga kata-kata yang dapat menarik minat baca orang-orang yang menemukan halaman Anda di hasil pencarian Google.

Baca Juga:  Cara Membuat Countdown Timer Email

3. Optimasi Isi Halaman Website

Cara optimasi berikutnya setelah judul halaman adalah isi dari halaman website. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti memanfaatkan subheading, dan memperhatikan seberapa sering terjadinya pengulangan keyword dalam halaman website Anda. Jangan terlalu sedikit namun juga jangan terlalu banyak agar tidak dianggap spam oleh Google.

4. Optimasi Meta Title

Cara optimasi On Page SEO yang selanjutnya adalah melakukan optimasi pada bagian meta title. Meta title adalah judul halaman yang akan muncul pada hasil pencarian Google. Sama seperti URL dan judul halaman, gunakanlah keyword yang sesuai dan usahakan untuk menempatkan keyword pada bagian awal meta title. Untuk meta title sendiri batas maksimal yang disarankan adalah 60 karakter saja.

5. Optimasi Meta Description

Selain meta title, ada juga meta description yang perlu Anda optimasi. Meta description adalah deskripsi singkat tentang seperti apakah halaman website Anda. Buatlah meta description yang menarik. Panjang meta description yang disarankan adalah antara 120 sampai 160 karakter. Perlu menjadi catatan Anda, terkadang Google menampilkan meta description yang berbeda dengan kemauan kita.

6. Optimasi Gambar

Selanjutnya adalah melakukan optimasi gambar. Optimasi gambar dilakukan dengan cara memberikan ALT text yang sesuai dengan gambar dan keyword yang Anda gunakan pada halaman tersebut. Hal sangat perlu Anda lakukan karena sebenarnya Google tidak dapat melihat isi dari sebuah gambar, karena tersebut Google membaca sebuah gambar berdasarkan ALT text pada sebuah gambar.

7. Maksimalkan Link Dalam Halaman

Dalam sebuah upaya optimasi On Page SEO, sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan link yang ada dalam sebuah halaman. Terdapat dua jenis link dalam sebuah halaman, yaitu internal link dan external link. Internal link adalah link yang mengarah ke halaman lain dalam website Anda yang masih relevan, sementara external link  mengarah ke halaman diluar website Anda.

Baca Juga:  Website yang Baik Untuk di Optimasi SEO

Yuk, Lakukan Optimasi On Page SEO Sekarang Juga!

Itulah beberapa cara melakukan optimasi On Page SEO yang bisa Anda lakukan. Selain melakukan beberapa hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan hosting website dengan performa terbaik. Hal tersebut karena hosting website merupakan awal langkah yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sebuah website. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: