Cpanel vs Plesk Mana Yang Terbaik Untuk Websitemu?

cPanel vs Plesk Keduanya adalah Control Panel Populer yang meski memiliki fungsi yang sama, terkadang membuat bingung untuk memilih yang mana. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami uraikan perbedaan dari Pleks dan Cpanel serta keunggulan dan kekurangan masing-masing dari keduanya.

Cpanel vs Plesk

1. Control Panel Populer

cPanel merupakan plugin yang populer saat ini dan yang paling banyak digunakan, hal ini dibuktikan dengan server cPanel yang bisa membuat domain dalam waktu hanya 6 detik dan membuat sebuah akun hosting hanya dalam waktu yang cukup singkat. Dalam pertarungannya dengan Plesk, cPanel masih menang dalam hal popularitas. 

2. Tampilan Dashboard

cPanel memiliki tampilan dashboard yang mudah untuk dipahami meski oleh pemula sekalipun. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri. Terdapat 3 pembagian fitur Menu yang tersedia seperti file, database, dan domain yang terpisah secara berkelompok. Ada juga fitur pencarian yang memudahkan pengguna dalam mencari file.

Sedangkan pada Plesk memiliki tampilan yang cenderung lebih modern ketimbang cPanel. Terdapat menu utama yang terletak dibagian kiri dashboard. Disana terdapat beberapa tombol seperti tombol berlangganan, tombol untuk pelanggan, domain, dan lain sebagainya. 

3. Fitur

Baik cPanel maupun Plesk sebenarnya memiliki fitur yang mirip, tidak begitu jauh berbeda. Keduanya sama-sama memiliki fitur yang berfunsi untuk melihat data statistik, mengelola email, database, dan yang sebagainya. Perbedaannya antara lain, pada Plesk memiliki fitur otomatis install aplikasi atau CMS, sedangkan pada cPanel  harus menggunakan softaculous dan harus sudah memiliki lisensinya. 

4. Keamanan

Dari segi fitur keamanan baik cPanel maupun Plesk telah di lengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap.

Berikut adalah fitur keamanan dari cPanel :

  1. IP deny manager
  2. Akses SSH / shell
  3. Penyangkalan alamat IP
  4. Direktori yang dilindungi kata sandi
  5. Pengaturan key GnuPG untuk enkripsi
  6. SSL / TLS untuk perusahaan e-commerce
  7. Perlindungan pada situs melalui HotLink dan Leech

Berikut adalah fitur keamanan dari Plesk :

  1. Integrasi direktori aktif
  2. Otentikasi media sosial
  3. Sistem pencegahan intrusi Fail2Ban
  4. Layanan anti-spam

5. Harga

Biaya atau harga dari dua control panel ini berbeda. Bukan rahasia lagi jika harga lisensi cPanel lebih mahal ketimbang Plesk. Sehingga banyak yang memilih beralih ke Plesk karena harganya yang lebih terjangkau.

Sebagai perbandingan Anda bisa cek harga cPenel Hostnic di License CPanel Murah dan cek harga Plesk pada halaman License Plesk Murah dari Hostnic.id.


Di tulis oleh: