Mengatasi SMTP connect() failed, Menggunakan SMTP Google Apps

Pada saat anda ingin menggunakan fitur SMTP dari Google Apps pada aplikasi website nya dan terkendala dengan fungsi SMTP, hal tersebut biasanya disebabkan oleh firewall yang ada pada server yang digunakan.

Pesan error yang biasa muncul adalah “SMTP connect() failed“.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

  • Pastikan port 587 dan 456 dibuka pada firewall server anda, karena Google Apps menggunakan SMTP Secure (SSL/TLS).
  • Apabila server anda menggunakan ConfigServer Security & Firewall (CSF) dan opsi SMTP_BLOCK enable, maka biasanya interkoneksi smtp akan terhalang oleh rule tersebut. Ada setup yang harus dilakukan yakni dengan menambahkan username cPanel pada opsi “SMTP_ALLOWUSER“. Default pada field isian biasanya sudah ada username cpanel sehingga untuk menambahkan username yang dimaksud cukup dengan menambahkan tanda , (koma) misalnysa: cpanel, namauser.

Tips ini mestinya tidak hanya untuk Google Apps saja melainkan pada layanan email lain yang menggunakan SMTP Secure (SSL/TLS).

Apabila server yang di gunakan shared hosting, bisa lakukan request allow smtp ke hosting provider.

Baca Juga:  Cara menghapus error " Large error_log Files" di Cpanel Account

Di tulis oleh: