Cara Mengaktifkan Record SPF

SPF yang mempunyai kepanjangan Sender Policy Framework. SPF merupakan metode untuk mencegah pemalsuan alamat pengirim email. SPF ini tidak akan menghentikan spam, namun SPF akan melakukan kontrol dan menghentikan pemalsuan pengirim email.

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan atau mengaktifkan Record SPF, perhatikan step by stepnya.

1. Untuk menambahkan SPF record, buka Control Panel, lalu klik DNS Zone Editor.

2. Setelah itu, cari TXT (Text) dan pilih opsi Tambahkan SPF record.

3. Pesan konfirmasi yang menyatakan bahwa SPF record telah berhasil dibuat akan muncul. SPF record yang baru saja dibuat akan ditampilkan di TXT (Text) di DNS Zone Editor kalian.

SPF Record yang baru ditambahkan bisa memerlukan waktu propagasi kurang lebih antara 1 – 48 jam untuk bisa diterapkan, namun pada umumnya berlangsung lebih cepat. kalian bisa menggunakan lebih dari satu alamat IP untuk mail servernya dalam SPF. Alamat IPnya juga dapat menggunakan jarak dengan format CIDR. IPv6 juga telah di dukung dan di susul dengan alamat IP yang ingin digunakan.

Cara membuat SPF Record ini sebetulnya cukup mudah dan kalian dapat menambahkan di dalam TXT Record pada DNS Hosting nama Domain kalian. Dengan catatan alamat IP mail servernya saja, dan sisanya tinggal mengikuti format record DNS.


Di tulis oleh: