SaaS : Pengertian, Sifat, Cara Kerja, dan Kelebihannya!

Pada era digital sekarang ini, Anda tentunya tahu bahwa hal-hal yang berhubungan dengan internet dan website adalah suatu hal yang sangat penting. Termasuk teknologi berbasis cloud. SaaS adalah kependekan dari Software as A Service dan termasuk ke dalam teknologi berbasis cloud. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian SaaS

SaaS (Software as A Service) adalah sebuah perangkat lunak yang biasanya Anda gunakan tanpa harus membeli atau mengunduh program ke dalam komputermu. Hal ini karena perangkat SaaS termasuk ke dalam perangkat cloud yang artinya penyimpanan data pada perangkat ini tersimpan di dalam internet.

Contoh dari perangkat SaaS adalah Microsoft Office, Google Docs, atau penyimpanan cloud yang lain seperti Gdrive, dsbnya.

Penyedia layanan SaaS ini tentunya sudah menjamin ketersediaan ruang sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya lisensi yang biasanya memiliki nominal yang besar.

Sifat SaaS

Perangkat atau software SaaS ini memiliki beberapa sifat dan karakteristik utama. Berikut ini adalah sifat SaaS yang dapat Anda ketahui :

1. Pengelolaan dari Lokasi Pusat

Seperti yang terbilang sebelumnya, SaaS adalah sebuah sistem yang berbasis cloud. Hal ini mengakibatkan pengelolaan aplikasi ini ada pada pusat sehingga Anda sebagai pengguna tidak perlu lagi mengkhawatirkan pengelolaan dan cukup memakai software ini sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Terakses Melalui Internet

Karena sifatnya yang berbasis cloud atau penyimpanan yang tidak memiliki perangkat keras, artinya Anda hanya dapat mengakses software ini melalui internet saja. Jadi pastikan Anda memiliki kapasitas internet yang cukup untuk dapat memakainya.

Baca Juga:  CNAME Adalah:¬† Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

3. Pengguna Tidak Bertanggung Jawab Pada Update

Sifat dari SaaS yang terakhir adalah Anda sebagai pengguna tidak akan bertanggung jawab pada update aplikasi baik itu hardware maupun software. Hal ini karena peran tanggung jawab ini adalah kewajiban dari pihak penyedia jasa.

Cara Kerja SaaS

Karena sifatnya yang menguntungkan dan tidak merepotkan para penggunanya, cara kerja SaaS juga cukup mudah. Intinya, selama menggunakan SaaS kepada aplikasimu, Anda tidak perlu mengatur perangkat lunak. Yang perlu Anda lakukan adalah membayar biaya langganan kepada para penyedia jasa.

Tentunya, harga yang ditawarkan akan beragam-ragam sesuai dengan model perangkat lunak yang ingin Anda sambungkan kepada perangkat SaaS. Setelah berlangganan, pihak penyedia jasa SaaS ini akan mengirimkan model SaaS yang sesuai dengan perangkat lunak milikmu.

Para penyedia akan menyediakan akses berbentuk sebuah jaringan kepada salah satu salinan aplikasi yang Anda buat untuk mendistribusikan SaaS tersebut.

Baca Juga : Inilah Rekomendasi 3 Plugin Backup WordPress

Kelebihan SaaS

Setelah mengetahui pengertian, sifat dan cara kerjanya, inilah beberapa kelebihan yang akan Anda dapat jika Anda memakai perangkat SaaS ini.

1. Hemat Waktu

Dibanding harus mengelola penggunaan perangkat sendiri, menggunakan SaaS ini akan menghemat waktu Anda. Penghematan waktu yang akan diberikan SaaS adalah proses operasional sampai instalasi.

2. Hemat Biaya

Kelebihan kedua SaaS adalah Perusahaan yang menggunakan SaaS dapat menekan biaya operasional mereka. Biaya tersebut adalah biaya pemeliharaan dan perbaikan server. Seperti yang kita ketahui, kedua biaya tersebut adalah biaya termahal yang ada pada sebuah software

3. Mengurangi Tempat

Seperti yang kita ketahui, membuat sebuah software artinya Anda membutuhkan ruang yang cukup banyak untuk menyimpan database. Namun jika Anda memakai perangkat SaaS, maka Anda dapat menyimpan database tersebut ke penyimpanan ruang yang SaaS berikan.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Platform CMS Terbaik dan Terpopuler untuk Website Anda

Tertarik Menggunakan SaaS?

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui dari SaaS. Ingatlah untuk memilih jasa layanan SaaS yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!


Di tulis oleh: