Phising Adalah: Jenis dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Penggunaan teknologi sekarang sangat penting bagi setiap orang dalam memudahkan pekerjaan. Namun belakangan ini sering terjadi tindakan phising yang banyak menimbulkan keresahan. Phising adalah suatu hal yang orang tertentu lakukan dalam mendapatkan keuntungan dari para korban melalui dunia digital.

Apa Itu Phising?

Phising adalah istilah yang dapat diartikan juga sebagai memancing atau mengelabui seseorang untuk memberikan informasi atau data pribadi. Biasanya data pribadi yang mereka minta meliputi nama, usia, dan alamat korban. Kemudian tidak hanya itu saja, pelaku akan meminta beberapa data akun bahkan data finansial. 

Jenis Phising yang Perlu Anda Waspadai

Terdapat beberapa jenis phising yang perlu Anda hindari dan mewaspadainya, sehingga dapat terhindar dari tindakan tersebut. Jenis – jenisnya, antara lain :

1. Web Phising

Jenis yang pertama berasal dari sebuah website. Anda tentunya sering mengakses internet dan membuka website – website tertentu untuk mencari informasi. Namun tanpa kita sadari di dalam website tersebut bisa saja terdapat phising. 

Dalam sebuah website biasanya berbentuk tautan yang dapat menarik pengunjung website untuk membukanya. Setelah itu akan menuju halaman baru yang merupakan malware dan menyuruh orang yang membukanya untuk mengisi data – data tertentu. 

2. Email Phising

Selanjutnya melalui email atau pesan elektronik untuk memancing korban menyerahkan data pribadinya. Para pelaku yang menggunakan cara ini biasanya akan memakai domain yang terlihat resmi sehingga orang lain dapat percaya. Sehingga tanpa sengaja dapat membuka link bahkan dokumen yang oknum kirim. 

Baca Juga:  DDOS: Pengertian, Jenis Penyerangan dan Cara Mengatasinya

3. Spear

Berikutnya yaitu dengan menggunakan spear yang bisa terbilang lebih berbahaya. Bisa dibilang hampir sama dengan email yang mengirimkan pesan kepada korban yang berisi link tertentu. Namun pesan tersebut akan terlihat lebih intens karena mereka sudah mengetahui nama dan informasi pribadi lainnya. 

4. Whaling

Jenis phising satu ini hampir sama juga dengan spear yang nantinya akan menargetkan seseorang. Namun korban tersebut biasanya akan memiliki kedudukan yang tinggi dalam sebuah perusahaan. Pelaku akan memberikan pesan yang mengatasnamakan lembaga atau institusi dan bisa berisi pelanggaran dan lainnya. 

Cara Agar Terhindar Dari Phising

Setelah Anda tahu jenis – jenisnya maka berikut cara agar tidak terjerumus ke dalam tindakan tersebut, yaitu :

1. Harus Up to Date Informasi Phising

Anda harus selalu mencari informasi lebih dalam dan update mengenai hal tersebut. Penting sekali pengetahuan yang luas agar kita tidak mudah masuk ke dalam perangkap para oknum phising. Informasi tersebut bisa berupa berita – berita terkini yang terkait tindakan itu, bagaimana pelaku melancarkan aksinya, dan lainnya.

2. Ketika Mendapat Link Jangan Langsung Membukanya

Berikutnya ketika Anda tiba – tiba memperoleh kiriman link yang mencurigakan jangan langsung membukanya. Bisa saja itu kiriman dari pelaku kejahatan yang saat Anda membukanya akan muncul malware dan meminta data pribadi. Pastikan terlebih dahulu sumber yang mengirimkan link tersebut asli resmi atau hanya palsu. 

3. Menggunakan Browser Versi Update

Untuk menghindari tindak kejahatan phising dapat menggunakan browser yang sudah versi update. Kebanyakan setiap software browser yang melakukan update akan meningkatkan keamanannya sehingga dapat melindungi data Anda. Dengan begitu para pelaku tersebut tidak akan dengan mudah melancarkan aksinya. 

Baca Juga:  SaaS : Pengertian, Sifat, Cara Kerja, dan Kelebihannya!

Sudah Paham Informasi Mengenai Phising?

Dengan demikian, tindakan kejahatan bisa saja datang dari mana saja bahkan melalui internet atau media digital lainnya. Kita harus bisa mencari cara agar terhindar dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadinya. Jadi pastikan Anda hati-hati, ya!


Di tulis oleh: