CNAME Adalah:  Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

CNAME adalah kependekan dari Canonical Name yang dapat digunakan untuk nama alias dari domain atau subdomain Anda supaya mengarah ke lokasi yang sama. Nah, mau tahu informasi menarik seputar CNAME? Artikel ini akan membahasnya lebih lanjut, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara kerjanya. So, simak sampai akhir, ya!

Pengertian CNAME Adalah

CNAME adalah jenis catatan informasi sumber daya di Domain Name System (DNS), yang berfungsi sebagai alias atau nama samaran domain lainnya. Semua informasi tersebut mencakup subdomain, alamat IP, dan lain-lain yang ditentukan oleh domain alias. 

Contoh yang paling sederhana adalah subdomain www yang sering ditetapkan sebagai alias untuk nama domain root. Misalnya bila Anda punya nama domain contoh123.com dan www.contoh123.com, maka sebenarnya kedua nama domain tersebut mengarah ke website yang sama dan diposting oleh server yang sama.

Umumnya, CNAME hanya digunakan untuk subdomain. Setiap sistem yang menghosting website Anda harus memiliki alamat IP agar dapat terhubung ke World Wide Web.

Anda hanya perlu mengubah catatan yang ditunjuk oleh subdomain. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan nama alias ketika Anda ingin memiliki nama host atau subdomain yang berbeda untuk layanan jaringan seperti FTP yang mengarah ke website utama Anda.

Kegunaan lain dari CNAME adalah untuk mengarahkan nama subdomain ke domain yang berbeda atau ke host eksternal. Nama alias juga dapat digunakan untuk mengarahkan beberapa website perusahaan ke situs induk agar domain yang sama terdaftar di beberapa lokasi berbeda mengarah ke titik lokasi yang sama.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Platform CMS Terbaik dan Terpopuler untuk Website Anda

Fungsi CNAME Adalah

Dari penjelasan di atas, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa fungsi CNAME adalah untuk membuat nama samaran atau alias untuk domain utama. Selain itu, sebenarnya ada beberapa fungsi lain dari nama alias, di antaranya:

1. Menghapus Subdomain

Salah satu kendala saat menggunakan layanan hosting gratis adalah provider memberikan nama tambahan (subdomain) untuk domain utama. Contohnya dengan membuat domain contoh123.hosting.com menjadi contoh123.com agar domain bisa rapi dan terlihat premium dan menjadikannya sebagai CNAME Anda.

2. CNAME Menghubungkan Layanan ke Subdomain

Fungsi lain yang sangat bermanfaat dari CNAME adalah sebagai konektor layanan ke subdomain. Misalnya, ketika Anda memiliki layanan Customer Relationship Management (CRM), maka Anda dapat menautkannya ke subdomain Anda.

Dari koneksi ini, Anda bisa mendapatkan subdomain yang saling terhubung, yaitu crm.contoh123.com. Kemudian manfaatkan nama alias tersebut untuk menghubungkan platform layanan CRM itu ke situs utama Anda.

3. Mengarahkan Domain dengan ccTLD Menuju Domain Utama

ccTLD adalah singkatan dari country-code top level domain yang artinya sebuah nama domain yang menggunakan kode dari suatu negara. Nama domain ini biasanya menggunakan identitas seperti .uk, .id, .jp dan lain-lain. Jika Anda menggunakan ccTLD, maka gunakan nama alias untuk mengarahkan domain ccTLD ke domain utama Anda.

Cara Kerja CNAME

Setelah mengetahui pengertian, contoh, dan fungsinya, lalu seperti apakah cara kerja CNAME? Untuk memahami cara kerjanya, Anda perlu tahu mekanisme yang terjadi ketika seseorang mengakses website yang menggunakan nama alias.

Misalnya, Anda mengakses www.situs.com di browser. Setelah Anda memasukkan URL, browser akan mengirimkan permintaan DNS. Penyelesai DNS akan mencari server nama yang memiliki catatan DNS dari situs.com. 

Baca Juga:  DDOS: Pengertian, Jenis Penyerangan dan Cara Mengatasinya

Kemudian, DNS resolver akan memberikan data CNAME dari situs.com ke browser. Di sini, browser memahami bahwa www.situs.com merupakan alias dari situs.com. Oleh karena itu, proses yang sama akan terjadi untuk meminta alamat IP terdaftar untuk situsanda.com. Baru setelah itu, pengguna browser bisa masuk ke website tujuan.

Nah, itulah penjelasan bahwa CNAME adalah nama alias domain yang memungkinkan Anda untuk mengarahkan satu atau beberapa domain / subdomain ke lokasi yang sama. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kemajuan website Anda. Ingin mendapatkan jasa DNS CNAME yang murah dan berkualitas? Segera hubungi Hotsnic sekarang juga!


Di tulis oleh: