Ketahui Penyebab Website Down

1. Heavy traffic
Traffic website yang terlalu berat alias heavy traffic merupakan penyebab pertama terjadinya website down. Pernahkah kalian mengalami website lebih sulit diakses dari biasanya? Hal tersebut terjadi karena traffic yang hamper melebihi kapasitas server hingga sulit ditangani. Hal ini sebenarnya tergantung pada kondisi server/hosting atau resource server/hosting.

2. Resource limit
Penyebab kedua yaitu resource limit yang agak mirip dengan heavy traffic. Tetapi perbedaannya terdapat pada sisi resource. Jika memiliki resource kecil namun traffic tinggi dan terdapat banyak proses query serta penggunaan plugin di website kalian terlalu banyak, maka kemungkinan bisa down, hal ini dapat dicek pada cPanel kemudian ke menu Resource Usage.

3. DDoS Attack
Distributed Denial of Services atau DDoS Attack merupakan permintaan palsu atau false request yang terjadi secara bertubi-tubi ke server hingga kesulitan memproses permintaan karena terlalu banyak dan valid request atau permintaan asli dari pengunjung website akhirnya terhalang oleh serangan tersebut.

4. Data Center Down
Penyebab lainnya yang dapat terjadi akibat masalah koneksi atau mati listrik (power cut). Power cut dapat terjadi, tetapi biasanya data center memiliki cadangan listrik seperti UPS yang dapat bertahan selama 15-20 menit. Maka dari itu, petugas teknis data center harus bergerak lebih cepat atau website Anda akan segera down total. Kemungkinan lainnya yaitu masalah koneksi yang terjadi, Anda dapat coba melakukan tes MTR ke website.

5. Service Server Down
Kendala website down selanjutnya disebabkan karena salah satu service di server bermasalah sehingga tidak berhasil melakukan koneksi. Contoh service yang dimaksud yaitu pada beberapa protocol berikut: WHM (2087), MySQL (3306), SSL (443), HTTP (80).


Di tulis oleh: