Ketahui Penyebab Website Diserang Malware

Beberapa pesan error yang kerap muncul ada pada daftar di bawah ini:

  • Deceptive site ahead
  • This site has been marked as a phishing site
  • The site ahead contains malware

Berbagai macam serangan hack, mulai dari serangan sederhana hingga berbahaya, dapat menyebabkan kesalahan seperti di atas. Parahnya lagi, malware dapat menyebar ke pengunjung karena ‘menular’ melalui website yang mereka kunjungi.

Google akan menandai website yang dicuragi dan tidak aman. Selain website yang terkena hack, Google juga akan menandai website yang terkena malware atau menampilkan phishing.

Selain itu, biasanya karena website menampilkan iklan yang tidak berkualitas dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Iklan tersebut biasanya memiliki code berbahaya atau mungkin berisi link yang mengarahkan ke halaman website yang dapat menginfeksi sistem.

Error memang disebabkan oleh permasalahan keamanan website. Meskipun demikian, bisa jadi pesan kesalahan tetap muncul meskipun kalian telah menghapus malware. Jika ini yang terjadi, besar kemungkinan peretas telah mengetahui backdoor yang ada pada website. Sebaiknya perlu menemukan backdoor dan menghapusnya sesegera mungkin. Jika sudah yakin website aman, barulah mulai menghapus malware yang masih ada.

Baca Juga:  Menghapus malware pada website

Di tulis oleh: