Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Oracle adalah salah satu jenis database yang paling populer di dunia. Namun, jenis ini lebih cocok untuk digunakan oleh perusahaan besar atau yang memiliki jumlah data cukup besar dan komplek. Oracle harus menggunakan lisensi atau berbayar sehingga untuk penggunaannya Anda perlu mengeluarkan biaya.

Sama seperti yang lain Oracle database juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk membahasnya lebih lanjut, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Oracle database :

Kelebihan dan Kekurangan Oracle

Kelebihan Oracle

1. Multi-user

Dengan menggunakan Oracle database dapat memungkinkan akses oleh banyak pengguna/user bahkan dalam waktu yang sama. Tentu hal ini sangat memudahkan pengguna saat ingin melakukan pertukaran data dan bekerja memproses data dalam waktu yang sama.

2. Client-server environment

Tersedia fitur client-server dalam oracle database yang bertujuan untuk memisahkan antara database server dan aplikasi yang digunakan oleh client. Sehingga server akan lebih mudah melakukan tugasnya dalam memproses semua database sementara client hanya akan bertugas pada aplikasi untuk menampilkan data dari database saja. Maka, proses yang dilakukan dapat lebih cepat tanpa hambatan. 

3. Bisa Diakses berbagai sistem operasi

Oracle database dapat diakses oleh berbagai jenis sistem operasi. Hal ini akan semakin memudahkan pengguna karena berbagai macam user dan berbagai macam sistem operasi dapat melakukan aktivitasnya tanpa terganggu dengan adanya perbedaan sistem operasi yang digunakan pada masing-masing user.

4. Akses data tanpa batas 

Kabar baiknya, data yang tersimpan dapat diakses secara penuh selama 24 jam nonstop. Hal ini, bisa membuat pengguna bisa bebas mengakses data kapan saja dibutuhkan.

5. Keamanan

Salah satu faktor yang paling penting dalam database adalah keamanannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Oracle database telah dilengkapi dengan berbagai keamanan untuk menjaga data Anda. Pengguna dapat menyimpan data dalam database dengan mudah serta dilengkapi oleh keamanan yang cukup handal.

Baca Juga : Mengenal Database Oracle Serta Fungsinya

Kekurangan Oracle

1. Spesifikasi hardware Cukup tinggi

Dari sini mungkin akan mulai terlihat perbedaan antara database Oracle dan yang lain dimana Anda harus menggunakan spesifikasi hardware pendukung yang lebih tinggi. Hal ini untuk mendukung kinerja database agar semakin lancar. Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk memenuhi standar spesifikasi hardware yang sesuai dengan database Oracle.

2. Harga mahal

Agar bisa menggunakan database jenis ini, Anda juga harus mepertimbangkan dari segi budget. Harga implementasi oracle database terbilang lumayan mahal karena database jenis ini cukup kompleks serta dapat mendukung data perusahaan dengan lebih baik. Maka tak heran bila harga oracle database menjadi sangat mahal.

Baca Juga:  Hal yang harus diperhatikan saat memindahkan server

Di tulis oleh: