Jenis – Jenis Web Server dan Keunggulannya

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian web server, fungsi dan cara kerjanya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis web server beserta dengan pengertian dan kegunaannya masing – masing.

Jenis-jenis Web Server

1. Apache

Salah satu jenis web server yang paling banyak digunakan saat ini adalah Apache. Pada mulanya, Apache didesain dengan tujuan untuk mendukung sistem operasi UNIX. Terdapat banyak kelebihan saat memilih menggunakan web server ini seperti Pengaturannya yang mudah, Bersifat Open Source dan Memiliki Komunitas yang cukup besar.

2. NginX

NginX merupakan web server yang bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. Banyak yang menggunakan web server ini karena kemampuannya yang dapat melayani berbagai macam permintaan serta dapat menghandle traffic lebih tinggi. NginX memiliki keunggulan dari segi performanya yang tinggi, ringan serta Banyak fitur dan stabil. 

3. Lighttpd

Sama seperti NginX , Lighttpd adalah web server yang bersifat open source. Web server ini bisa bekerja pada sistem operasi Linux dan Unix. Keunggulan Lighttpd yang membedakan dari web server lainnya, yakni kemampuannya dalam mengatur CPU load yang dinilai lebih efisien, dan mempunyai fitur lain seperti SCGI, FastCGi, Output-Compression dan URL-Writing.

4. IIS (Internet Information Services)

IIS (Internet Information Services) adalah web server yang bekerja dengan menggunakan beberapa jenis protokol seperti DNS, IP/TCIP atau beragam software lainnya yang berguna untuk merangkai situs. Keunggulannya antara lain mendukung penuh pada Windows, kemampuan pengecekan kesalahan dan kinerja menggunakan PHP lebih stabil.

Baca Juga:  Widget Wajib Agar Diterima Adsense

Di tulis oleh: