Pengertian Web Server, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu web server? Buat yang sudah berkecimpung didunia website pasti sudah mengenal dengan yang satu ini. Namun, bagi Anda yang masih bingung, mari simak penjelasannya dari mulai pengertian web server, fungsi dan cara kerjanya berikut ini :

Pengertian Web Server

Web Server adalah software yang bertugas untuk menerima dan mengirimkan permintaan halaman website dengan protokol HTTP atau HTTPS yang dikirimkan oleh user lewat sebuah browser dan kemudian akan ditampilkan dalam bentuk website sesuai dengan permintaannya.

Fungsi Web Server

Fungsi utama web server adalah menerima serta memproses data permintaan dari user dan mengirimkannya kembali data yang diminta berupa dokumen, video, foto, atau beragam bentuk data lainnya. 

Selain fungsi utamanya, terdapat beberapa fungsi web server yang perlu untuk Anda ketahui, Seperti di bawah ini :

  1. Bisa membersihkan semua modul serta berbagai cache yang terdapat pada  penyimpanan yang sudah tidak terpakai.
  2. Memeriksa keamanan pada permintaan HTTP yang dikirimkan dari browser.
  3. Dapat Menyediakan data berdasarkan permintaan.

Cara Kerja Web Server 

Utamanya, fungsi web server adalah menerima dan mengirimkan kembali permintaan dari browser. Saat ada permintaan data yang dikirimkan dari browser oleh klien atau user maka permintaan data tersebut akan dikemas di dalam TCP dan dikirim ke alamat yang merupakan protokol yaitu HTTP atau HTTPS. Apabila data yang diminta tidak ditemukan oleh web server maka web server akan menolak dan browser otomatis akan menampilkan Page Not Found atau Error 404. 

Baca Juga:  Private Blog Network (PBN)

Di tulis oleh: