Internet Dunia Bermasalah 48 Jam ke Depan

Dalam dua hari atau 48 jam ke depan jangan kaget dan cemas dengan kualitas akses internet kamu melambat. Sebab, pengawas internet yakni Internet Corporation of Assigned Names and Numbers atau ICANN sedang memperbaiki dan memelihara infrastruktur jaringan internet dan server domain.

Selama pemeliharaan tersebut, ICANN akan mematikan jaringan sementara. Dampaknya, akses internet di seluruh dunia akan terganggu dalam 48 jam ke depan. Perbaikan dan pemeliharaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan ICANN.

ICANN akan mengubah kunci kriptografik yang melindungi sistem nama domain alias DNS serta melindungi domain dari serangan siber dan penyadapan di masa depan.

“Ini adalah langkah penting dan kami memiliki kewajiban untuk memastikan ini terlaksana. Hal ini untuk memastikan DNS yang tahan lama dan stabil, dan aman,” jelas ICANN Board Chair, Cherine Chalaby dikutip dari Metro, Jumat 12 Oktober 2018.

Kepala Teknologi ICANN, David Conrad mengatakan, operator telekomunikasi dan penyedia layanan internet di dunia pasti siap dengan dampak dari pemeliharaan ini.

Pemeliharaan infrastruktur jaringan yang berdampak sampai 48 jam ini disebutkan pertama kali terjadi. Tapi ICANN memastikan ini dampak seperti ini bisa terjadi di kemudian hari.

“Ini memang pertama kalinya, tapi nanti saat kami melakukan lebih banyak merilis kunci kriptografi lagi di masa depan, operator sampai penyedia layanan internet akan lebih terbiasa dengan hal ini,” tutur Wakil Presiden Riset ICANN, Matt Larson. (ase)

Baca Juga:  Cara Google Pikat Vendor Smartphone dengan Android Go

Di tulis oleh: