Informasi Datacenter IDC 3D Mati Listrik

Pada hari ini tanggal 6 Oktober 2018, salah satu Datacenter di indonesia IDC 3D mengalami gangguan listrik sejak pukul 14:11 WIB, sehingga semua server yang di simpan di datacenter ikut down, seperti di antaranya detik.com merdeka.com dll. Datacenter IDC 3D Mati Listrik.

Penyebab Datacenter IDC 3D Mati Listrik di karenakan ada nya aktifitas perbaikan Gardu PLN. Genset yang di sediakan pihak datacenter yang mempunyai kekuatan 2.7 Mega Watt pun tidak sanggup menopang layanan selama perbaikan PLN berlangsung.

Datacenter masih mengalami gangguan pada saat tulisan ini di muat. Sabtu, 6 Oktober 2018, 16:25 WIB

Update:

  • 17:30 WIB – Sebagian listrik Sudah berangsur pulih, Namun untuk power ke server belum di lakukan.
  • 19:00 WIB – Secara bertahap Server sudah mulai untuk dinyalakan kembali.

Namun Penjelasan Pendiri sekaligus Chairman IDC Johar Alam Rangkuti mengungkap alasan tumbangnya pusat data yang berlokasi di Duren Tiga, Jakarta Selatan tersebut. Hal ini dikarenakan ada salah satu genset-nya yang terkunci dan tak bisa dipakai untuk menopang daya ketika perusahaan sedang melakukan upgrade kapasitas listrik PLN.

Manajemen IDC telah merencanakan untuk melakukan upgrade listrik PLN sejak pukul 10 pagi. Dari kapasitas daya 2 megawatt, IDC ingin meningkatkan kapasitas listrik yang lebih tinggi. Upgrade kelistrikan dari PLN ini dijadwalkan selesai sekitar pukul 16.00.

Selama proses upgrade listrik PLN ini, daya dialihkan ke 2 genset yang totalnya memiliki daya 2 megawat. “Kedua genset ini seharusnya bisa menopang daya untuk kebutuhan data center IDC sampai proses upgrade listrik PLN selesai di sore hari,” kata Johar.

Di tengah jalan, salah satu genset tiba-tiba tak bisa digunakan. Statusnya terkunci (lock) dari sistem pengoperasian data center IDC. Hal tersebut dikarenakan controller genset yang tidak bisa mengaktifkan genset. Oleh karena itu, kapasitas sisa daya pada data center yang tersisa tidak bisa maksimal. Alhasil, hanya satu genset yang bisa digunakan dan itu tidak cukup untuk menopang daya.

Baca Juga:  Pelopor Pembajakan Patenkan Teknologi Anti-pembajakan



Di tulis oleh: