Marketplace vs Website, Mana yang Paling Baik untuk Bisnis Online?

Semakin banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk tempat berjualan di era digital ini. Salah satunya adalah Anda bisa berjualan secara online, menggunakan marketplace atau website. Pertanyaannya, mana yang lebih baik antara marketplace vs website?

Marketplace vs Website, Mana yang Terbaik?

Baik marketplace ataupun website memang menawarkan cara baru untuk berjualan. Keduanya merupakan cara berjualan di era seperti sekarang. Namun pertanyaanya adalah mana yang lebih baik, marketplace vs website? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan antara marketplace atau website

1. Modal

Hal pertama yang bisa menjadi pertimbangan adalah masalah modal. Jika Anda akan berjualan di marketplace maka Anda tidak perlu modal untuk memulai toko. Namun jika Anda ingin berjualan lewat website maka Anda akan perlu modal untuk membuat website tersebut.

2. Margin Keuntungan

Jika berbicara masalah marketplace vs website maka Anda juga perlu untuk memperhatikan masalah keuntungan yang akan Anda dapatkan. Ketika menggunakan website maka semua keuntungan akan menjadi milik Anda. 

Hal ini akan sedikit berbeda ketika Anda menggunakan marketplace. Keuntungan yang Anda dapatkan akan dipotong untuk biaya admin. Besaran biaya potongan ini juga akan berbeda untuk setiap platform.

3. Penentuan Harga

Ketika Anda berjualan dengan menggunakan website maka Anda bisa bebas untuk menentukan harga jual yang Anda inginkan. Hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan marketplace. 

Persaingan harga akan cukup ketat, hal ini terjadi karena ada banyak penjual lain yang mungkin menjual barang yang sama. Sehingga Anda juga tidak bisa bebas menentukan harga.dengan bebas.

Baca Juga:  Apa Itu Plugin ? Berikut Pengertian, Fungsi dan Macam Macam Plugin serta Fungsinya

4. Target Market

Memilih marketplace vs website juga akan menentukan target market. Jika Anda memilih berjualan di marketplace, maka sebenarnya target market Anda adalah pengguna  marketplace tersebut. 

Semakin banyak user dari marketplace tersebut maka semakin besar juga calon konsumen yang menjadi target market bisnis Anda.

Berbeda dengan penggunaan website, Anda akan menentukan target market Anda sendiri. Itu artinya semakin gencar promosi yang Anda lakukan maka semakin besar juga kemungkinan meningkatnya calon konsumen Anda .

5. Maintenance

Hal penting lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah masalah maintenance. Ini cukup penting juga untuk Anda ketahui. Jika Anda menggunakan marketplace, maka proses maintenance relatif tidak begitu sulit. 

Anda hanya perlu memastikan tampian  toko Anda baik, sementara urusan teknis akan menjadi tanggung jawab dari penyedia platform,

Jika Anda menggunakan website, maka proses maintenance akan lebih rumit, Selain masalah tampilan, Anda juga perlu memastikan masalah teknis tidak bermasalah, Itu artinya, Anda juga membutuhkan orang atau tim yang mengurusi urusan teknis website Anda.

Baca Juga : Hosting Toko Online Terbaik dan Tercepat

Jadi Mana yang Lebih Baik?

Jika membandingkan antara marketplace vs website, maka keduanya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, untuk Anda yang ingin memulai toko tanpa repot urusan teknis, maka marketplace adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan marketplace maka Anda tidak perlu mengurusi masalah teknis dan maintenance. Marketplace menjadi pilihan yang cocok untuk Anda yang baru mulai berjualan. Anda hanya tinggal mendaftar ke marketplace yang Anda pilih. Modalnya pun relatif kecil.

Berbeda dengan penggunaan website. Untuk banyak hal, website memang banyak memiliki keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari toko Anda. 

Baca Juga:  Kolaborasi Google dan Apple Untuk Pelacakan Covid-19

Namun, menggunakan website juga membuat Anda harus mengerti urusan teknis. Selain itu, penggunaan website juga membutuhkan modal. Jika bisnis yang Anda punya sudah memiliki keuntungan yang tetap dan konsumen yang cukup banyak, maka menggunakan website adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa gunakan hosting berkualitas agar website Anda berjalan lancar tanpa error.

Jadi, marketplace vs website,semuanya tergantung dengan apa yang Anda butuhkan, ya. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: