Apa Jenis Hosting yang Tepat Untuk Website Pemerintahan?

Jenis hosting yang tepat untuk website pemerintahan adalah VPS (Virtual Private Server). Ini adalah tipe hosting yang tercepat, spesifikasi tinggi, dengan manajemen yang lebih mudah.

Namun apabila situs tersebut bersifat website daerah dan perlu menghemat anggaran, maka cloud hosting juga bisa dijadikan alternatif. Sebagai catatan, di sini VPS tetaplah diprioritaskan untuk menjadi pilihan utama.

Mengapa demikian? Karena website pemerintahan dengan domain (go.id) nantinya akan menampung traffic pengunjung yang besar, membutuhkan waktu uptime yang tinggi.

Jangan sampai dikit-dikit error, ini bisa membuat masyarakat naik pitam. Khususnya untuk situs besar dengan aplikasi yang kompleks di dalamnya seperti perizinan berusaha dan pengajuan layanan tertentu secara online terintegrasi.

Sistem harus online setiap saat, toleransi maintenance hanya satu atau dua kali dalam beberapa bulan.

Apa Saja Fungsi Dari Web Hosting Bagi Situs Pemerintahan?

Tentunya saja beragam, mulai dari menyosialisasikan program baru hingga menampilkan data-data yang seharusnya diketahui oleh publik. Ibarat kata ini menjadi wadah transparansi penyampaian informasi untuk masyarakat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Dokumentasi dan Sosialisasi Program

Pejabat seperti Gubernur dan Bupati perlu memberitahu kegiatan apa saja yang dilakukan dalam sepekan. Informasi ini bisa membantu masyarakat untuk mengetahui apa saja program yang telah dilakukan oleh para pimpinan pemerintahan daerah.

Dokumentasi tersebut dituliskan dalam bentuk artikel dan juga mengupload gambar-gambar pendukung. Nah, dalam hal ini hosting berperan penting untuk memastikan informasi tersebut dapat diakses oleh masyarakat.

Sosialisasi program secara online memberikan pengaruh jangka panjang, dengan penyampaian informasi bisa dilakuakan tanpa tatap muka. Ini juga bisa menghemat waktu daripada harus mengumpulkan masyarakat di suatu tempat untuk menjelaskan suatu program.

Namun, masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan mengingat budaya literasi masyarakat masih perlu didorong.

2. Mempermudah Akses Layanan Administrasi

Era seperti sekarang mengharuskan setiap sektor untuk melek teknologi, tidak terkecuali sistem pemerintahan. Apabila ada layanan administrasi yang bisa diurus online maka pasti membutuhkan situs website lengkap dengan aplikasi pendaftaran, pengecekan data, dan lain sebagainya.

Adanya hosting berfungsi sebagai tempat untuk menaruh data-data program dari aplikasi tersebut, sehingga bisa diakses kapanpun oleh masyarakat yang membutuhkannya.

Meskipun dokumen tidak bisa diurus secara online, minimal bisa mengambil nomor antrean terlebih dahulu melalui website supaya mempermudah nantinya saat datang ke kantor.

3. Mempromosikan Wisata Daerah dan Bisnis UMKM

Sedikit yang tahu, situs berita pemerintahan daerah ternyata tanpa sadar mampu menjadi wadah untuk mempromosikan wisata daerah agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Tentunya harus dikemas menarik, lengkap menampilkan foto dan juga video dari lokasi pariwisata tersebut.

Selain itu, situs pemerintahan juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk UKM. Secara sederhana, kalau bukan pemerintah yang mendukung pelaku UMKM lantas siapa lagi?

Meskipun secara umum, sebaiknya pemilik usaha juga mempunyai situs sendiri supaya promosinya lebih mudah. Mereka bisa memilih hosting UMKM yang sudah mulai banyak disediakan oleh penyedia hosting di Indonesia.

Pentingnya VPS Bagi Situs Pemerintahan

VPS adalah sumber daya yang didedikasikan secara khusus, terpisah membuat performanya lebih baik dibandingkan cloud hosting.

Kondisi server juga lebih stabil, menerima traffic sampai puluhan ribu juga tidak menjadi masalah jika situs tersebut menggunakan sistem VPS. Selain itu, ditinjau dari aspek keamanan juga lebih terproteksi karena data disimpan secara private.

Risiko terkena malware atau virus cenderung lebih minim, tidak mengherankan sebagian besar situs pemerintah dengan domain .go.id rata-rata mengandalkan VPS untuk kebutuhan hosting.

Namun ada satu kelemahan, pengoperasian VPS memerlukan staff IT atau minimal orang yang paham dengan teknologi. Karena pengelolaan diserahkan secara penuh kepada pemilik server private tersebut.

Cloud Hosting Untuk Situs Pemerintahan (Alternatif)

Pilihan alternatif atau opsi kedua yang bisa diambil jika VPS tidak memungkinkan adalah dengan membeli cloud hosting.

Server yang dipilih adalah Indonesia (ID), sehingga lebih mudah nantinya kalau ada kendala bisa langsung teratasi dengan baik. Kapasitas minimal yang bisa diambil untuk situs pemerintahan yaitu 20 GB SSD dengan RAM minimal 2 GB.

Pengelolaan cloud hosting cenderung lebih mudah, kalaupun tidak mempunyai staff IT hosting tetap bisa dijalankan dengan baik karena tidak begitu banyak pengaturan.

Membutuhkan VPS atau cloud hosting untuk situs pemerintahan? Hostnic.id siap diandalkan. Kami mempunyai pilihan paket vps windows murah dan juga cloud hosting yang sudah dilengkapi dengan sistem penyimpanan SSD NvME (tercepat di kelasnya).

Biaya hosting juga terjangkau sewa VPS mulai dari Rp75.000/bulan, sedangkan untuk cloud hosting mulai dari Rp11.900/bulan saja.

Apa saja keunggulan Hostnic?

  • Ada fitur backup otomatis, berfungsi untuk menyelamatkan data-data di hosting agar tidak hilang ketika website error
  • Support Customer service 24/7, online selalu memberikan pelayanan terbaik via live chat untuk pelanggan
  • Garansi uptime 99,9% memastikan server terus aktif, minim kendala dibandingkan layanan hosting lain
  • Imunify 360, memastikan website aman dari serangan malware dan virus

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai hosting situs pemerintahan,silahkan kontak admin Hostnic.id.


Di tulis oleh: