5 Tips SEO Toko Online Paling Ampuh dan Mudah

Memiliki sebuah toko online dan melakukan digital marketing kini menjadi pilihan banyak orang untuk meningkat pemasaran dan meraih keuntungan lebih dalam menjalankan sebuah bisnis. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis Anda adalah dengan melakukan SEO toko online Anda.

Melakukan SEO toko online akan meningkatkan peluang website toko online Anda untuk muncul di hasil pencarian teratas Google. Ketika website toko online Anda berada pada peringkat teratas, tentunya akan semakin banyak orang yang berkunjung dan meningkatkan bisnis Anda.

5 Tips SEO Toko Online Paling Mudah Diterapkan

Agar dapat muncul di hasil pencarian teratas Google, ada beberapa tips SEO toko online yang perlu Anda terapkan pada website toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa tips SEO toko online yang perlu Anda terapkan.

1. Riset Keyword

Tips SEO toko online yang pertama adalah riset keyword. Hal ini merupakan langkah awal yang sangat penting dan harus Anda lakukan dengan baik. Keyword adalah sebuah kata kunci yang sering orang gunakan untuk mencari sesuatu di Google. Gunakanlah keyword yang tepat dan sesuai dengan website toko online Anda.

Selain tepat dan sesuai dengan website toko online Anda, perhatikan juga intensitas volume pencarian keyword yang akan Anda gunakan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa tools riset keyword baik yang gratis maupun berbayar. Anda juga dapat menggunakan keyword dengan dua atau tiga suku kata jika Anda baru membuat sebuah website bisnis.

Baca Juga:  Berkenalan Dengan Database Postgresql : Pengertian serta fiturnya 

2. Optimasi SEO On Page

Tips SEO toko online yang kedua adalah melakukan optimasi SEO on page pada semua halaman website bisnis Anda. Setelah Anda menemukan keyword yang tepat, lakukan optimasi SEO on page pada setiap halaman website bisnis Anda.

Anda harus menempatkan keyword tersebut pada beberapa bagian mulai dari URL halaman, H1 atau judul pada sebuah halaman, meta title atau judul halaman yang akan muncul pada hasil pencarian Google dan meta description, serta gunakanlah ALT text pada setiap gambar pada halaman website Anda.

3. Memaksimalkan Produk

Tips berikutnya adalah memaksimalkan produk. Untuk memaksimalkan produk-produk dalam website bisnis Anda, Anda harus menyertakan beberapa hal pada produk-produk dalam website bisnis Anda.

Beberapa hal tersebut adalah judul atau nama produk, deskripsi produk, harga produk, dan juga gunakan gambar produk yang sesuai serta gunakan juga ALT text pada gambar tersebut. Tempatkanlah keyword yang sesuai dan banyak dicari oleh banyak orang saat mencari barang tersebut di Google pada beberapa bagian tersebut.

4. Gunakan Struktur Website yang Baik

Tips SEO toko online selanjutnya adalah menggunakan struktur website yang baik. Hal yang dimaksud dengan struktur website yang baik adalah jangan membuat terlalu banyak sub category di dalam website bisnis Anda. Cukup gunakan satu category dan satu subcategory saja lalu tempatkan halaman produk setelah subcategory tersebut.

Hal tersebut bertujuan agar halaman produk Anda dapat dengan mudah untuk dikunjungi robot Google. Semakin mudah halaman produk Anda dikunjungi oleh robot Google maka akan semakin meningkat juga posisi website bisnis Anda dalam hasil pencarian suatu keyword di Google.

5. Maksimalkan Hal Teknis

Tips yang terakhir adalah memaksimalkan beberapa hal teknis yang terkait SEO pada website bisnis Anda. Beberapa hal tersebut adalah seperti penggunaan Https dan juga schema mark up yang bertujuan agar Google lebih mempercayai website bisnis Anda dan mudah untuk mengenali jenis apakah halaman-halaman pada website bisnis Anda.

Baca Juga:  Install htmldoc dan conversi file html ke pdf

Selain itu juga maksimalkan kecepatan website Anda. Jangan sampai website Anda membutuhkan waktu terlalu lama saat dibuka. Anda dapat menggunakan GTMetrix untuk memaksimalkan hal ini. Anda juga harus memastikan bahwa tidak terjadi duplikasi konten pada masing-masing halaman website Anda.

Saatnya Memaksimalkan SEO Toko Online Anda Sekarang Juga!

Itulah beberapa tips SEO toko online yang dapat Anda gunakan untuk website bisnis Anda. Selain beberapa hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk memiliki sebuah hosting terbaik untuk website bisnis Anda.

Melakukan SEO terutama pada sebuah website baru bukanlah hal yang mudah, namun dengan melakukan beberapa hal tersebut maka website bisnis Anda akan berada pada hasil pencarian teratas Google. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: