Cara Redirect Http ke Https Dengan Mudah, Ini Langkahnya!

Website yang sudah secure atau aman adalah salah satu hal penting agar website Anda bisa mencapai ranking teratas hasil pencarian Google. Website yang sudah secure ini ditandai dengan menggunakan Https. Jika website Anda masih menggunakan Http, maka ada cara redirect Http ke Https yang cukup mudah.

Cara Redirect Http ke Https

Redirect adalah proses pengalihan suatu halaman website atau keseluruhan website tersebut ke sebuah halaman yang Anda inginkan. Terdapat beberapa cara untuk melakukan redirect Https ke Https. Untuk Anda yang belum mengetahui cara redirect Http ke Https, berikut ini adalah adalah cara redirect Http ke Https.

1. Menggunakan Plugin

Untuk Anda yang menggunakan WordPress dalam membuat website, maka cara redirect Http ke Https yang pertama ini paling mudah untuk Anda lakukan. Caranya adalah dengan menggunakan alat bantu atau plugin yang bernama Really Simple SSL.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan setelah masuk ke dalam WordPress website Anda adalah install dan aktifkan plugin Really Simple SSL. Setelah plugin tersebut aktif, Anda dapat melanjutkan dengan membuka pengaturan kemudian klik SSL.

Setelahnya Anda dapat mengklik tombol Activate SSL. Lalu akan muncul notifikasi bahwa SSL sudah aktif. Setelahnya Anda dapat memeriksa apakah website Anda sudah menggunakan Https atau belum.

2. Menggunakan Fitur Force Https Redirect

Cara redirect yang kedua adalah dengan menggunakan fitur force Https redirect yang ada pada cPanel website Anda. Untuk melakukan cara ini, pertama Anda harus memiliki akses ke dalam cPanel website Anda.

Baca Juga:  Cara menambahkan icon di Website

Setelah Anda mendapatkan akses ke cPanel, masuk ke dalam cPanel website Anda. Pada bagian box search, Anda dapat mencari fitur domains. Setelah menemukannya, klik pada fitur menu tersebut.

Pada fitur menu domain yang telah Anda buka, akan ada tampilan domain website Anda serta pada kolom paling kanan ada terdapat fitur force Https redirect. Aktifkan fitur tersebut dan periksalah apakah website Anda kini sudah menggunakan Https atau masih menggunakan Http.

3. Menggunakan Cara Manual

Cara berikutnya adalah dengan cara manual. Untuk cara ini, selain akses ke dalam WordPress, Anda juga harus memiliki akses ke dalam cPanel website Anda.

Cara redirect Http ke Https secara manual ini dimulai dengan masuk terlebih dahulu ke dalam WordPress Anda. Setelahnya, Anda dapat membuka pengaturan kemudian klik pada bagian General.

Setelah itu akan muncul tampilan untuk merubah WordPress Address dan juga Site Address. Ubah kedua bagian ini menjadi Https. Lalu kini saatnya Anda beralih ke cPanel website Anda.

Masuk ke cPanel website Anda, kemudian pilih menu file manager untuk mengakses file .htaccess Anda. Setelahnya masuk ke file manager, carilah instalasi WordPress Anda.  Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih menu edit. 

Lalu akan muncul teks perintah yang bisa Anda rubah. Pada bagian bawah setelah #END WordPress, masukan kode perintah berikut ini

Rewritecond %{SERVER_PORT} 80

RewriteRule ^(.*) $ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]

Kemudian klik save changes.

Website Anda kini telah menggunakan Https. Apabila gagal dan terjadi kesalahan, maka Anda dapat menghubungi bagian support dari penyedia hosting website Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Gunakan Versi Https Sekarang Juga

 Anda dapat menggunakan salah satu cara yang tersedia di atas. Apabila Anda mengalami kesulitan, Anda dapat menghubungi tim support hosting website Anda yang tentunya akan siap untuk membantu Anda melakukan hal tersebut. Selamat mencoba!


Di tulis oleh: