Apa itu SSL (Secure Socket Layer)

Apa itu SSL? Pernahkah Anda melihat sebuah tulisan “Not Secure” saat membuka sebuah website di PC/Desktop? Atau menemukan tanda seru (!) ketika mengakses sebuah website pada perangkat mobile? Tanda di atas menunjukan bahwa website tersebut belum dilengkapi dengan SSL.

Lantas, apa itu SSL atau secure socket layer dan apa fungsinya bagi sebuah website?

Mari kita bahas satu persatu. Mulai dari pengertian SSL dibawah ini :

Pengertian SSL (Secure Socket Layer)

SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol standar Web untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna. Data yang dikirim melalui sambungan SSL dilindungi oleh enkripsi, suatu mekanisme yang mencegah eavesdropping dan sabotase data yang ditransmisikan.

Website yang menggunakan SSL biasanya diakses diawali dengan https:// yang terlihat di address bar pada browser dan ditandai dengan situs aman untuk diakses. 

Lantas Apa Fungsi dari SSL?

1. Mengamankan dan Mengenkripsi Informasi 

Data atau informasi itu harus diamankan. Dengan SSL maka informasi penting dalam website di enkripsi serta diacak agar tidak dapat dibaca kecuali oleh alamat tujuan saja. Hal ini sangat penting untuk mengamankan data-data atau informasi sensitif seperti akun, passwords hingga kartu kredit dan data lainnya.

2. Authentication 

Proses authentication pada website dapat mencegah pencurian data yang biasanya dilakukan dengan berbagai metode seperti duplikat website atau form pop-up yang akan membuat kita mengirimkan data pribadi. Dengan menggunakan SSL pada website akan sangat ampuh mencegah hal ini terjadi. 

3. Terpercaya

Dengan menggunakan SSL sebuah website akan dinilai lebih terpercaya oleh pengunjung website apalagi untuk website yang menjual produk, hal ini dikarenakan terdapat informasi transaksi. Itulah mengapa website yang bertransaksi menggunakan kartu kredit harus menggunakan SSL.

SSL sangat dibutuhkan oleh website karena keamanannya. Bagi Anda yang ingin membeli sertifikat ssl murah, Anda bisa cek paket harga SSL dari hostnic pada halaman paket ssl murah.


Di tulis oleh: