Perbedaan Landing Page dan Homepage

Pada artikel sebelumnya, kita membahas tentang Mengenal Apa Itu Landing Page Beserta Jenis – Jenisnya kali ini kita masih akan membahas seputar landing page namun tentang perbedaan landing page dan homepage.

Apa itu landing page dan Homepage? Berikut adalah pengertian keduanya :

Pengertian Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman dalam website yang sengaja diarahkan kepada user dengan maksud atau tujuan mempromosikan/menawarkan produk/jasa/promo tertentu. Bisa dibilang halaman ini secara khusus dibuat dengan mindset marketing. Nantinya satu halaman landing page bisa berisi tentang produk, jasa, service, atau promo.

Pengertian Homepage?

Homepage merupakan halaman pertama sebuah website ketika diakses, bisa juga disebut sebagai beranda website. Sebagai halaman utama tentu peranan homepage sangatlah penting bagi calon pelanggan atau user. Karena di sana kita bisa melihat berbagai informasi seputar produk, layanan dan service yang akan ditampilkan dengan berbagai penawaran menarik yang bertujuan agar menarik minat pengunjung website.

Homepage memiliki peranan yang krusial pada sebuah website. Lantas, apa perbedaannya dengan landing page? Mari kita coba bandingkan karakteristik dari keduanya :

Karakteristik Homepage:

  • Halaman utama website yang berisi semua informasi inti tentang website.
  • Tampilan pertama sebuah website
  • Menampilkan fitur atau menu menuju halaman lain dalam website
  • Menampilkan layanan dan produk yang ditawarkan dalam website

Karakteristik Landing Page:

  • Merupakan sebuah halaman yang memiliki tujuan dan fungsi khusus 
  • Memiliki fungsi khusus agar mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi dalam website. Biasanya halaman ini berisi tentang penawaran produk ataupun promo yang sedang di adakan.
  • Bersifat mengajak pelanggan agar melakukan tindakan seperti  mengisi formulir, Newsletter, Pembelian Produk, dll.

Dari penjelasan tentang perbedaan landing page dan homepage mulai dari pengertian serta karakteristik antara landing page dan homepage kesimpulannya jelas sangatlah berbeda. Mulai dari pengertian maupun fungsinya. Landing page adalah halaman yang secara khusus dibuat untuk tujuan marketing sementara homepage merupakan halaman utama website yang berisi informasi website itu sendiri. Semoga informasi ini bermafaat!


Di tulis oleh: